3 Olahan Ayam Sederhana, Pemula Juga Bisa Coba

Belakangan ini, berbagai jenis olahan ayam memang banyak bertebaran. Bagaimana pun, ayam memang paling cocok dikreasikan menjadi berbagai jenis olahan, misalnya tongseng ayam. Masakan dengan bahan dasar ayam itu memang merakyat, baik dari segi rasa maupun harga. Tentu, yang menjadi rahasia utama dari masakan satu itu adalah bumbu tongseng ayam yang diracik dengan sempurna.

Baca juga: Resep Tongseng Ayam Ini Sedap dan Pedasnya Menggigit di Lidah—klik tautan berikut: https://review.bukalapak.com/food/resep-tongseng-ayam-ini-sedap-and-pedasnya-menggigit-di-lidah-15378

Nah, kalau kamu merasa masih pemula, kamu bisa kok membuat 3 olahan ayam sederhana berikut ini. Enggak hanya asal sederhana, olahan ayam berikut ini juga cocok untuk menemani makan siang atau makan malammu. Mau coba? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Ayam Kecap
Bahan. Siapkan ½ kg ayam—potong sesuai selera, 5 siung bawang putih yang telah digeprek, 2 cm jahe yang telah dibersihkan dan dipotong, dan ¼ bawang bombay—bisa juga diganti dengan 3 siung bawang merah yang diiris tipis. Untuk menambah cita rasa, siapkan pula 2 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, 1 sdm saus tomat, 1 sdm kecap manis, gula dan garam secukupnya, minyak goreng, serta air panas. 

Cara Membuat. Bersihkan ayam telah dipotong, tiriskan, kemudian goreng setengah matang. Panaskan minyak, lalu tumis bawang dan jahe hingga harum. Masukkan ayam yang telah digoreng tadi ke dalam bumbu tumis, aduk hingga rata. Setelah itu, beri sedikit air panas, tambahkan gula dan garam, lalu kembali aduk dan tutup beberapa lama. Pastikan ayam sudah matang. Setelah air panas mulai menyusut, masukkan kecap dan saus lain yang telah disiapkan, kemudian aduk kembali. Selesai! Ayam kecap siap disajikan.

2. Pepes Ayam
Bahan. Siapkan 200 gram paha ayam fillet, cincang hingga halus. Siapkan pula 100 gram tahu cincang halus, 1 butir telur yang telah dikocok lepas, 50 mL santan, 50 gram daun singkong rebus, dan daun pisang sebagai pembungkus.

Bumbu Halus. Untuk membuat bumbu halus, siapkan 5 buah bawang merah, 1 siung bawang putih, cabai merah sesuai selera, 2 butir kemiri goreng, ½ sdt ketumbar bubuk, 1 sdt garam, dan ½ sdt gula merah sisir.

Cara Membuat. Pertama, campurkan daging ayam, santan, telur, tahu, dan bumbu halus. Aduk adonan hingga rata. Kedua, ambil sedikit adonan dan bungkus menggunakan daun pisang. Masukkan pula sedikit daun singkong sebagai campuran. Jangan lupa sematkan lidi pada daun pisang. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Jika sudah, kukus selama setidaknya 30 menit atau hingga matang. Terakhir, bakar pepes hingga keluar harum.

3. Ayam Kalasan
Bahan. ¼ ekor ayam pejantan, 4 ruas lengkuas yang telah digeprek, 8 siung bawang putih geprek, 3 sdm gula merah sisir, 5 lembar daun salam, 2 buah sereh, ½ liter air kelapa, serta gula, garam, dan lada halus secukupnya.

Cara Membuat. Tumis lengkuas, sereh, dan bawang putih hingga harus. Masukkan pula daun salam ke dalamnya. Kemudian, masukkan ayam, tambahkan gula merah dan air kelapa. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap. Jika sudah, tiriskan. Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan. Selesai! Ayam goreng kalasan siap disajikan dan disantap bersama nasi hangat.

Bagaimana? Cukup mudah untuk membuatnya, bukan? Kamu yang masih pemula juga tak perlu ragu mencobanya, lho! Selama mau belajar, apa sih enggak? Tunggu apa lagi, buruan siapkan bahan-bahannya sekarang juga. Selamat mencoba!

Sumber gambar: Burangir.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *