3 Resep Ikan Asam Manis Tuna

Aneka resep ikan tuna menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menu harian Anda. Ikan tuna itu sendiri banyak sekali mempunyai kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi. Aneka jenis masakan ikan tuna ini kami berikan, karena terdapat berbagai macam olahan resep dan juga bagaiamana cara pembuatannya dengan bahan dasar ikan tuna, seperti menu ikan asam padeh Tuna.

Bagi Anda yang sangat menyukai menu ikan asam manis Tuna, ada baiknya juga dimasak dengan cara yang unik dan cepat. Namun tetap mempunyai rasa yang tetap lezat serta juga nikmat. Salah satunya adalah dimasak dengan cara membuat ikan tuna saus asam manis, dengan cara digoreng terlebiuh dahulu ikan tuna nya kemudian baru membuat bumbunya berupa saus, yang cara penyajiannya pun saus tersebut disiramkan pada ikan tuna yang sudah digoreng. Inilah beberapa ikan asam manis Tuna:

 

1. Tuna Crispy Asam Manis

 

Bumbu masak Tuna crispy asam manis memang terasa menyenangkan dinikmati kapan saja. Apalagi, bila masakan tersebut dihidangkan sebagai menu makan siang atau makan malam. Inilah beberapa bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatannya:

Bahan-Bahan

  1. 500 gr Tuna Fillet, potong kecil kecil
  2. 1 bh Telur
  3. 3 sdm Tepung Terigu
  4. Tepung Bumbu Kobe
  5. 2 Siung Bawang Putih
  6. 4 Siung Bawang Merah
  7. 1/2 bulat Tomat
  8. Saus Tomat
  9. Jeruk Nipis
  10. Secukupnya Gula,
  11. 1/2 Bawang Bombay
  12. Bumbu Royco
  13. Lada Bubuk

Langkah-Langkah

Tuna yang sudah di potong kasih jeruk nipis, diamkan sebentar lalu masukan ke dalam telur yang sudah di kocok. Guling guling tuna ke dalam bumbu kobe dan terigu yang sudah di campurkan. Goreng tuna hingga matang atau warna kecoklatan. Tumis bumbu yang sudah di siapkan, tambahkan sedikit air, tunggu sampai gak mengental. Kemudian jika sudah mengental masukan wortel masak sebentar. Masukan tuna yang sudah di goreng, adukan hingga bumbu merata.

 

2. Tuna Masak Sarden (Asam Manis)

 

Seperti juga resep Tuna masak sarden ini yang biasa dibeli untuk resep menu masakan sehari-hari di rumah, mari kita simak resep dan beberapa langkahnya:

Bahan-Bahan

  1. 1/2 kg ikan tuna
  2. 1/2 buah bawang bombay
  3. 4 siung bawang putih iris
  4. 4 siung bawang merah iris
  5. 1 ruah jahe geprek
  6. 1 batang serai geprek
  7. 2 sdm saos tomat
  8. 1 sdm kecap manis
  9. 1 sdm gula (sesuai selera)
  10. Lada
  11. Garam dan kaldu
  12. Margarin utk menumis

Langkah-Langkah

Siapkan tumis bawang-bawang yang sudah diiris, serai dan jahe hingga harum. Kemudian tambahkan saos, kecap,lada, garam,kaldu dan juga gula dan aduk-aduk lalu masukan ikan. Tambahkan air secukupnyanya dan masak hingga meresap. Koreksi rasa jika ada yang kurang tambahkan.

 

3. Tuna Fillet Saus Asam Manis Pedas

 

Masakan Tuna Fillet saus asam manis peda ini juga sangat lezat. Buktikan jika tidak percaya dengan membuat sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan dan langkah-langkahnya:

Bahan-Bahan

  1. 1/2 kg ikan tuna
  2. 1 buah wortel potong korek
  3. 3 buah cabe ijo besar potong serong
  4. 2 buah cabe merah kriting potong serong
  5. 5 buah cabe rawit merah potong serong
  6. 1 buah bawang bombay
  7. 1 siung bawang putih
  8. 3 siung bawang merah
  9. 500 gram tepung bumbu
  10. 2 sdm lada bubuk
  11. secukupnya Garam dan penyedap
  12. 5 sdm saus sambal
  13. 2 sdm saus tomat
  14. secukupnya Air

Langkah-Langkah

Cuci bersih ikan tuna, lalu potong dadu, taburin ikan dengan 1 sdm lada bubuk dan sedikit garam,lalu diamkan 10 menit. Setelah 10 menit, buat adonan tepung bumbu dengan sedikit air, lalu celupkan ikan ke dlm adonan, kemudian balurin dengan adonan tepung bumbu kering. Kemudian goreng ikan dengan api kecil sampai ikan berwarna kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

Potong2 wortel memanjang, dan iris2 bawang dan cabe. Lalu tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian masukkan wortel dan cabai,tumis hingga layu. Selanjutnya tambahkan saus sambal, saus tomat, lada bubuk, garam dan penyedap. Selanjutnya aduk hingga rata, dan beri sedikit air biarkan sampai bumbu saus mendidih/meletup letup, sambil koreksi rasa. Kemudian masukkan ikan yg sudah digoreng, aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *