5 Resep Minuman Segar Khas Nusantara yang Siap Menemani Saat Dingin Maupun Panas, Mantap dan Mudah Dibuat!

Hei, kamukah itu yang siang-siang begini masih sibuk googling mencari tahu resep es teler? Memang, es teler adalah salah satu minuman paling segar dan selalu siap meredakan dahaga di kala panas. Nah, kamu yang penasaran dengan resep es teler segar bisa membacanya dengan mengklik tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/food/resep-es-teler-segar-ini-bisa-jadi-dessert-favorit-satu-rumah-41188.

Nah, jika ingin mencoba membuat minuman segar yang lainnya, saatnya kamu mencoba membuat minuman khas Nusantara. Jangan salah, tak hanya makanan khas, hampir setiap daerah di Nusantara juga punya minuman khasnya tersendiri yang punya rasa istimewa dan tak tertandingi dan siap menemani di saat dingin maupun panas. Yuk, coba cek 5 resep minuman segar khas Nusantara berikut ini.

1. Bajigur
Seperti dilansir di laman Bp-Guide, bajigur merupakan minuman penghangat badan khas Sunda yang sangat cocok diminum saat suaca dingin. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan setidaknya 100 gram gula jawa sisir, 2 sdm gula pasir, 2 sdm kopi, garam secukupnya, dan 2 lembar daun pandan. Pertama, rebus gula jawa, kopi hitam, dan gula pasir di atas api kompor kecil. Aduk dan tunggu hingga mendidih. Kedua, masukkan garam dan daun pandan, aduk hingga aroma harus keluar. Ketiga, matikan api kompor, kemudian saring dan sajikan selagi hangat.

2. Sekoteng
Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman segar asal Jawa Tengah ini? Minuman yang biasa disajikan saat malam hari atau saat hujan menyambut ini dibuat dari 850 ml air, 50 gram jahe bakar, 2 cm kayu manis, 2 lembar daun pandan dan daun jeruk, 150 gram gula pasir, serta isian berupa kolang-kaling, kacang hijau rebus, pacar cina rebus, roti tawar, dan kacang tanah kupas yang telah disangrai. Untuk membuatnya, cukup rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian angkat dan saring. Sementara itu, semua isian yang telah disiapkan ditata di dalam mangkuk. Tuangkan air rempah ke dalam mangkuk, taburi roti tawar dan kacang tanah. Siap disajikan, deh!

3. Es Cendol
Minuman khas dari Barat ini dijamin siap membuat siang yang terik menjadi menarik. Cendol dibuat dari campuran tepung honkwe dan pasta pandan atau pewarna daun suji. Cendol dibentuk memanjang, kemudian disajikan bersama kuah sedap nikmat yang terbuat dari santan dan tambahan gula merah serta serutan es segar. Disajikan di siang hari yang panas, hmm benar-benar mantap!

4. Es Pisang Hijau
Minuman dingin yang belakangan sedang populer ini berasal dari Makasar, lho! Seperti namanya, minuman ini memang dibuat dari pisang yang dibalut kulit warna hijau. Adonan kulitnya dibuat dari tepung beras, tepung kanji, air daun suji, dan santan. Disempurnakan dengan isian berupa bubur sumsum, pacar cina, dan kacang tanah sangrai, minuman satu ini siap membuat dahagamu sirna seketika. Apalagi, kamu bisa menyempurnakan es satu ini dengan sirup warna merah, ice cream, susu kental manis, atau es serut super nikmat. Jadi, ingin segera meminumnya, ya?

5. Es Laksamana Mengamuk
Pernah dengar nama minuman segar yang satu ini? Minuman ini berasal dari Riau. Selain pas diminum di tengah udara segar, minuman ini juga punya rasa dan sejarah unik. Dilansir dari laman GotTravelly, mulanya ada seorang laksamana mengamuk di kebun mangga kweni karena sang istri ketahuan selingkuh dengan pemilik kebun. Karena ada banyak buah mangga berjatuhan, masyarakat pun memungutnya dan mencampurnya dengan bahan lain hingga menjadi es satu ini.

Es ini terbuat dari serutan mangga kweni, selasih, dan serutan kelapa. Buah-buah segar itu dipadu dengan kuah yang terbuat dari santan, susu, dan air gula putih. Paduan buah-buahan serta kuahnya benar-benar menggugah selera, lho!

Bagaimana? Jangan lupa mempraktikkan resepnya sendiri, ya.

Sumber gambar: IndoIndians.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *