8 Makanan Pendamping Asi Usia 6 Bulan Terbaik

Sampai saat ini ASI masih merupakan nutrisi terbaik untuk bayi yang harus diberikan sampai usia 2 tahun. Tetapi pada usia 6 bulan bayi perlu mendapat makanan tambahan. Makanan pendamping ASI atau disebut MPASI mulai diberikan pada usia 6 bulan karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna. Memberi makanan pendamping ASI perlu Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi dan mulai mengenalkan makanan selain ASI. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang halus sesuai kemampuan bayi untuk mencernanya dan sebaiknya makanan untuk bayi merupakan buatan Anda sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan.

Di bawah ini makanan pendamping asi usia 6 bulan yang dapat dijadikan sebagai menu makanan untuk buah hati Anda. Mari kita simak ulasannya:

  • MPASI dengan Wortel

Wortel merupakan salah satu macam – macam mpasi yang bisa Anda berikan kepada buah hati Anda. Selain enak dibuat sebagai jus, ternyata cocok untuk diberikan sebagai makanan pendamping ASI yang sejak dulu banyak direkomendasikan untuk proses pengenalan makanan pada bayi.

  • Buah Pisang Sudah Umum Untuk MPASI

Selanjutnya bisa memberikan buah pisang sebagai makanan pendamping ASI. Buah pisang hampir semua orang menyukainya begitu juga dengan bayi yang suka dengan buah ini.

 

  • Bubur Pepaya MPASI 6 Bulan

 

Sama halnya dengan buah pisang, Anda bisa menjadikan buah pepaya sebagai pilihan MPASI yang cocok diberikan pada bayi. Buah pepaya begitu banyak mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan proses pencernaan.

 

  • Bubur Alpukat

 

Alpukat adalah salah satu makanan pendamping asi usia 6 bulan yang tepat sekali. Anda dapat memberikan kepada bayi bubur alpukat untuk mulai memperkenalkan berbagai macam rasa. Buah alpukat mengandung vitamin A & C, kalsium, dan magnesium. Nutrisi dalam buah alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bagi bayi.

 

  • Bubur Pir

 

Buah memang banyak yang bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi antara lain buah pir. Anda bisa memilih buah pir xiang lie untuk dijadikan bubur karena sudah cukup manis yang tidak perlu tambahan gula.

 

  • Bubur Susu

 

Bayi yang sudah berusia 6 bulan bisa mulai dicoba dengan memberikan bubur susu. Bubur yang dapat Anda buat sendiri dengan bahan tepung beras merah dan tambahan susu. Tepung beras merah mengandung lebih banyak nutrisi dibandingan bila Anda membuat bubur susu berbahan dasar beras putih.

 

  • Bubur Ubi Jalar

 

Ubi jalar adalah salah satu menu mpasi 6 bulan untuk bayi yang sangat direkomendasikan. Pasalnya ubi jalar ini merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi serta vitamin A, E, dan C untuk membatu proses pertumbuhan. Anda bisa membuat berbagai macam variasi masakan dari ubi jalar ini. Misal dengan direbus saja atau dibuat jadi bubur.

 

  • Kacang Panjang

 

Selain memberikan pada bayi buah – buahan, Anda bisa mencoba memberikan makanan pendamping ASI dengan kacang panjang. Kacang panjang memiliki serat dan vitamin B, Untuk lebih memudahkan bayi untuk mencernanya buatlah bubur dengan bahan dasar kacang dan tambahan susu.

Itulah beberapa rekomendasi makanan pendamping asi usia 6 bulan yang dapat kalian jadikan menu MPASI yang baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *