Beragam Jenis Makanan untuk Bayi 1 tahun yang Bisa Bunda Berikan pada si Kecil

Selain biskuit Milna, biskuit Farley biasanya menjadi opsi yang dipilih Bunda dalam memenuhi nutrisi anak saat masa awal perkenalan MPASI. Sedangkan saat anak beranjak 1 tahun, biskuit umumnya tidak lagi menjadi menu utama, tetapi hanya sebagai cemilan yang Anda berikan pada buah hati Anda.

Untuk rekomendasi cemilan bayi penuh nutrisi lainnya bisa lihat di https://review.bukalapak.com/mom/bayi-doyan-ngemil-ini-5-rekomendasi-biskuit-bayi-yang-bernutrisi-tinggi-22660

Makanan untuk bayi 1 tahun tentu saja berbeda dengan bayi yang baru masuk fase awal MPASI. Pergantian menu makanan dari yang awalnya cair, ke tekstur yag lebih padat atau bahkan menu berat layaknya menu keluarga membuat Anda menemukan berbagai kendala dalam memberikan makanan pada si kecil.

Kendala tersebut biasanya di mulai dari buah hati Anda akan mulai memilih-milih makanan. Bahkan sudah mulai ada Gerakan Tutup Mulut karena menolak makanan setelah beberapa suapan. Bisa jadi Anda juga menemukan kendala lainnya karena si Anak mengemut makanannya di dalam mulut sehingga proses makan akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Meski begitu, sebagai Ibu tentu saja Anda tidak boleh menyerah. Anda tetap harus menjaga kecukupann gizi anak Anda dengan memberikan makanan untuk bayi 1 tahun yang sehat dan bergizi.

Berikut adalah makanan yang direkomendasikan untuk dimakan bayi pada usia 1 tahun:

  1. Ubi

Ubi terutama ubi manis mengandung banyak vitamin A dan C. Tidak hanya itu, Ubi juga mengandung fitokimia yang berfungsi sebagai benteng bagi tubuh atas serangan berbagai penyakit.

  1. Daging

Baik daging ayam maupun daging merah baik untuk si kecil. Daging mengandung zat besi yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Berikan daging dengan frekuensi 2—3 kali saja dalam seminggu.

  1. Ikan

Ikan memiliki protein rendah lemak, selenium, kalsium, dan magnesium yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas si buah hati. Bahkan ikan seperti salmon dan tongkol mengandung lemak esensial yang  baik dalam menunjang perkembangan otak buah hati Anda.

  1. Wortel

Betakaroten yang terdapat di dalam wortel bisa dikonversi menjadi vitamin A yang mendukung kesehatan mata anak Anda.

  1. Tomat

Kandungan antioksidan yang bernama likopen di dalamnya mampu mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung bagi anak Anda.

  1. Jeruk

Vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk sangat penting dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh anak. Ada baiknya bila anak diberikan jeruk setiap hari agar asupan vitamin c-nya tercukupi.

  1. Sayuran

Tidak sembarang sayuran, tetapi sayuran yang berwarna lebih terang. Mengapa? Karena sayuran jenis ini mengandung aneka fitokimia yang mencegah beragam penyakit, misalnya jantung coroner dan kanker.

  1. Susu

Anak yang berusia 1 tahun masih membutuhkan susu. Bahkan hingga 2 tahun anak masih bisa bergantung terus pada ASI loh! Jika ASI Anda tidak mencukupi, Anda bisa memilih susu formula sebagai alternatif lainnya.

  1. Nasi Coklat

Brown rice ini mengandung lebih banyak vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih biasa yang dikonsumsi orang Indonesia. Nasi coklat ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks sehingga lebih lama diserap tubuh. Hal ini membuat glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai bisa lebih stabil dan mencegah terjadinya diabetes.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *