Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil

Jika Anda termasuk orang yang memiliki mobil tua dengan model yang sudah sangat ketinggalan zaman, tentu saja hal tersebut amat membosankan bukan? Modifikasi mobil tua tentu sudah menjadi gaya hidup yang banyak kita temui saat ini. Tak jarang bahkan para modifikator (sebutan bagi orang yang melakukan modifikasi) juga melakukan modifikasi mobil balap agar tampilan dan performa mobil semakin keren dan gagah di jalanan.

Memodifikasi moil tentu saja bukan hal yang sulit. Meski begitu, Anda tidak bisa sembarangan melakukannya. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum memodifikasi mobil Anda. Hal ini untuk menghindari penggunaan uang yang berlebihan serta kekecewaan pasca melakukan modifikasi karena tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Berikut adalah hal yang harus Anda utamakan sebelum memodifikasi mobil:

  1. Tentukan alasan

Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa Anda perlu memodifikasi mobil Anda. Alasan utama tentu saja agar semakin nyaman untuk dilihat dan digunakan. Namun jika Anda melakukan modifikasi hanya untuk memuaskan nafsu ingin bergaya semata, ada baiknya Anda berpikir ulang.

  1. Konsep

Tentukan konsep perubahan yang ingin Anda terapkan pada mobil Anda. Konsep seperti apa yang ingin diusung pada mobil Anda dengan memperhatikan kenyamanan penggunanya. Jangan sampai Anda ingin memodifikasi mobil dengan menambahkan knalpot yang lebih berisik, ternyata justru malah mengganggu orang di jalan dan pengguna jalan lainnya.

  1. Riset

Usahakan perbanyak referensi mengenai konsep modifikasi ini sehingga Anda mendapatkan lebih banyak ide dan insight. Anda bisa menemukan banyak referensi dari internet atau majalah otomotif atau majalah modifikasi. Dari sini, nantinya Anda akan mendapatkan komponen atau aksesoris apa yang Anda butuhkan dalam memodifikasi mobil Anda. Anda pun harus mengenali lebih dalam berbagai komponen dan aksesoris tersebut. Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari komponen dan aksesoris yang Anda pilih.

  1. Anggaran

Jika Anda sudah menentukan konsep yang ingin Anda terapkan pada modifikasi mobil Anda, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah mendaftar sebagai rincian anggaran yang dibutuhkan dalam proses modifikasi. Anggaran ini terdiri dari harga aksesoris dan komponen yang dipilih serta biaya layanan bengkel yang nantinya akan memodifikasi mobil Anda. Pastikan Anda mendaftarnya secara rinci sehingga anggaran yang dibutuhkan tidak membengkak.

Untuk modifikasi, ada baiknya Anda tidak berlebihan dalam penerapannya. Gunakan konsep yang simpel, tetapi keren sehingga tidak menghabiskan banyak dana dan tetap memperhatikan kenyamanan penggunanya.

Untuk inspirasi modifikasi mobil tua Anda, tidak ada salahnya Anda datang ke Jakarta Custome Culture untuk mendapatkan referensi konsep di sana. Gelaran yang akan menampilkan beragam otimotif layaknya mobil dan motor modifikasi ini akan diselenggarakan di Gampir Expo, Jakarta International Expo, Kemayoran pada hari Sabtu—Minggu, 27—28 Oktober 2018 mendatang.

Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 30.000 rupiah untuk bisa mendapatkan tiket masuknya dan mendapatkan inspirasi sebanyak-banyaknya di sana. Bukalapak sebagai sponsor utama penyelenggaraan acara ini juga menghadirkan banyak hiburan sehingga membuat Anda dan keluarga yang datang ke sana tidak akan merasa bosan dan kehabisan gaya. BukaLounge, BukaMusik, Bukalapak 180° Photo Camera, BukaMobil, hingga BukaMall akan menemani kamu selama 2 hari penyelenggaraan Jakarta Custom Culture ini.

Selain beragam pameran mobil keren dan motor modifikasi, Anda akan menemukan berbagai produk G-Shock Warrior Indonesia, 3FOIL.ID, Indonesia Sub-Culture, Kembara Vespa Antik, dan Indonesia Pomade Enthusiast.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *