Bubur Bayi dan Makanan Pendamping ASI yang Cocok untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi disarankan untuk mendapat makanan tambahan pendamping ASI atau yang biasa disebut MPASI. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Salah satunya dengan memberi bayi biskuit bayi MilnaBiskuit ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk perkembangan bayi, seperti zat besi, antioksidan, kalsium, 3 mineral, dan 9 vitamin. Selain itu dengan memberi biskuit juga akan melatih kemampuan motorik pada anak dengan mengajarkan memegang makanan dan memasukan sendiri ke dalam mulut.

Untuk memberi biskuit ini, ada baiknya dilihat terlebih dahulu kepekaan bayi pada makanan. Bila bayi sudah tertarik pada memakan padat, sudah bisa diberikan biskuit ini. Untuk bayi yang lebih dini telah tertarik dengan makanan padat, milna sudah mengeluarkan biskuit bayi Milna 5 bulan. Namun jangan pernah memberikan bayi makanan padat sebelum usia 5 bulan, karena bayi belum mampu mencerna makanan padat pada ususnya.

Selain dari biskuit, makanan pendamping ASI lainnya yang bisa diberikan adalah bubur bayi. Sama seperti biskuit, bubur memiliki tekstur yang halus, sehingga tidak terlalu sulit untuk para bayi mencernanya. Bubur bayi akan lebih baik jika pembuatannya dilakukan sendiri. Dengan begitu lebih terjaga akan kebersihan dan kualitas bahan-bahan yang dipakai.

Adapun beberapa bubur bayi yang bisa menjadi referensi para ibu untu bayi adalah sebagai berikut.

  1. Bubur Susu

Sesuai dengan namanya bubur ini bisa dibuat dengan susu, namun susu hanya sebagai bahan pelengkapnya. Untuk bahan utamanya adalah tepung beras merah atau putih. Dari keduanya yang lebih banyak memiliki kandungan nutrisi adalah tepung beras merah.

Bayi yang berumur 6 bulan sangat cocok untu memakan bubur ini sebagai makanan pendamping ASI. Terlebih bila bubur ini dibuat sendiri oleh para ibu, maka segala macam yang dipersiapkan lebih baik dibandingkan dengan membeli bubur susu di luar. Seperti kebersihan dan kualitas bahan-bahannya.

  1. Bubur Jagung Sayuran

Jagung manis sangat bagus untuk bayi yang berusia 6 bulan. Untuk memberikan bubur jagung, para ibu harus memiliki beberapa peralatan masak. Karena pembuatan bubur ini agak sedikit memakan waktu.

Pertama adalah memiliki parutan jagung. Pastikan alat tersebut bersih sehingga tidak membawa penyakit pada jagung tersebut. Alat utama yang harus dimiliki adalah blender. Setelah jagung diparut maka masukan ke dalam blender agar teksturnya menjadi halus.

Setelah selesai diblender, jagung tersebut bisa ditambah dengan sayuran lain seperti wortel atau tomat. Sayuran tersebut dapat menambah nafsu makan bayi.

  1. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau sangat kaya akan protein dan serat yang bisa menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk itu bubur kacang hijau sangat dianjurkan sebagai makanan pendamping ASI bayi yang berusia 6 bulan.

Cara membuatnya juga mudah, hanya dengan merebus kacang hijau sampai terasa teksturnya lembut dan mampu dicerna oleh bayi. Pastikan dalam merebus kacang hijau hasilnya merata pada semua bagian, hal ini untuk menghindari ada biji kacang hijau yang masih keras dan bisa mengakibatkan bayi tersedak.

Itulah beberapa bubur bayi yang cocok sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi berusia 6 bulan. Akan lebih baik bagi para ibu bisa membuat bubur bayi sendiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *