Cara Membuat Kue Bolu Pelangi Kukus

Happy rainbow day! Hari ini semoga cerah ya semua. Berhubung musim panas sudah berlalu dan menjelang musim hujan kita an sangat sering melihat penampakan pelangi nih. Senang kan, apalagi kalau melihatnya bersama anak-anak fenomena alam itu akan terasa sangat spesial. Karena akan jarang ditemui. Berhubung sedang ngobrol-ngobrol soal pelngi nih readers. Mimin ingin share tentang resep cake kukus pelangi. Duh di era yang penuh warna seperti sekarang siapa sih yang belum pernah lihat kue pelangi. Walau belum pernah mencobanya tapi mungkin pernah melihat kan uniknya kue yang satu ini dengan beberapa layer warna yang disesuaikan dengan warna pelangi. Tapi tahu ga sih readers semua, siapa sebenarnya penemu rainbow cake ini? Jangan hanya tahu makan dan enaknya saja loh, ingat juga invention nya hihi. Nah mimin ingin cerita sedikit bagaimana berkembangnya si kue pelangi ini.

Kue pelangi adalah kue yang mulai populer pada tahu 2009. Kepopulerannya sendiri tidak disengaja loh. Ada beberapa wanita cantik yang terlibat dalam kisah-kasih kue ini. Pada tahun 2009 seorang wanita bernama Kaithlin Planery yang tinggal di Amerika membuat kue ini untuk diberikan sebagai hadiah kepada sahabatnya. Kaithlin sengaja membuat rainbow cake ini dalam rangka farewell party untuk temannya yang akan pindah. Kaithlin, tahu betul kalau temannya yang akan pindah adalaah orang yang ceria dan menyukai pelangi. Selain itu dia juga menyukai lemon, sehingga jadilah kaithlin mencoba membuat kue yang dapat menggambarkan hal tersebut ke dalam sebuah kue. Kaithlin sendiri memilki passion dalam dunia menulis, fotografi dan memasak. Setelah membuat resep rainbow cakes tersebut, Kaithlin membagikannya pada blog pribadinya. Banyak sekali tanggapan positif akan hal tersebut. Banyak sekali komentar dan pertanyaan, sehinga rainbow cake menjadi booming dengan cepat. Hingga sampailah informasi tentang rainbow cake ini ke Martha Stewart. Martha sendiri adalah seorang host dalam acara memasak di salah satu TV Amerika. Kemudian diundanglah Kaithlin ke acara Martha dan menjelaskan bagaimana cara membuat Rainbow cake ini.

Informasi mengenai rainbow cake ini tidak hanya tersebar di Amerika saja, pada akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia lain termasuk Indonesia. Karena resepnya sudah sampai di Indonesia. Mimin akan share bagaimana cara membuat kue bolu pelangi ini. Dijamin nagih deh, selain itu tidak akan gosong-gosongan. Karena kita akan membuat bolunya dengan dikukus. Pertama-tama siapkan alat dan bahanya terlebih dahulu, seperti:

  • Tepung Terigu 125 Gram
  • Telur Ayam 4 Butir
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Santan Kental 50 Ml
  • Mentega 50 Ml Yang Di Cairkan
  • Emulsifier 1 Sendok Makan ( Sp/ Tbm )
  • Baking Powder 1/2 Sendok Teh
  • Garam 1/2 Sendok Teh
  • Pewarna Makanan (Merah, Jingga, Kuning, Hijau sesuai selera ya readers)

Langkah untuk membuatnya adalah:

  1. Kocok telur , gula pasir dan emulsifier menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna pucat
  2. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan garam. Tambahkan secara bertahap dan sedikit-sedikit. Jangan lupa untuk sambil diaduk menggunakan spatula.
  3. Tambahkan santan. Aduk hingga rata
  4. Bagi adonan menjadi tiga. Kemudian warnai setiap adonan dengan warna yang sudah disiapkan.
  5. Siapkan kukusan yang sudah diberi air setengah pancinya.
  6. Olesi loyang tempat adonan dengan minyak
  7. Tunggu air hingga mendidih
  8. Masukan adonan warna pertama ke dalam loyang tunggu selama 5 menit.
  9. Ulangi langkah ke 8 untuk warna kedua dan ketiga.
  10. Setelah seluruh adonan masuk ke dalam kukusan biarkan kue dikukus selama 25-30 menit.
  11. Angkat bolu dan dinginkan sebenar

Mudah bukan lagkah-langkahnya. Silahkan mencoba ya readers.

https://review.bukalapak.com/amp/food/resep-cake-kukus-cokelat-ini-lembut-dan-moist-nya-susah-dilupakan-67695

 

Gambar oleh: https://pixabay.com/en/users/Silke_U-1635116/

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *