Daftar Menu Nasi Kotak Terbaik, Nasi Bakar Pedas Jamur Tiram

Terranina

Pernyataan “segala sesuatu yang ada di Indonesia adalah surga” itu memang benar ya. Tidak hanya kaya akan hasil laut, budaya, tempat wisata, atau bahasanya, tetapi juga kulinernya. Seperti nasi putih nih contohnya. Berkat tangan–tangan kreatif orang Indonesia, nasi putih yang awalnya hanya sebagai makanan pokok tidak bisa dimakan tanpa lauk, kini bisa disulap menjadi makanan beraneka macam seperti nasi uduk, nasi kuning, bahkan resep nasi bakar. Tentu dengan campuran rempah–rempah lokal dari Indonesia.

Waw, luar biasa ya. Kalau nasi uduk dan nasi kuning sih sangat gampang kita temui. Di semua tempat yang ramai saja pasti akan ketahuan. Lain halnya dengan nasi bakar yang lebih banyak ditemukan di rumah makan–rumah makan atau restoran tertentu saja. Tentu ini artinya harganya tidak goceng lagi, tapi emmm … sedikit mahal.

Nasi bakar sendiri adalah salah satu jenis olahan nasi putih yang dicampur dengan rempah–rempah lengkap beserta isi aneka macam seafood yang super enak. Bentuknya juga unik, yaitu dengan dibungkus daun pisang gosong dengan pinggirannya ada sematan lidi.

Sangat tradisional bukan nasi bakar ini? Wajar lah, nasi bakar sangat diminati oleh banyak orang tanpa terkecuali turis mancanegara.

Selain rasanya yang sangat Indonesia, nasi bakar juga termasuk makanan yang tidak mudah basi dan tahan lama sampai sore lho. Sangat pas bukan untuk dibuat bekal si buah hati saat ke sekolah, dijual sebagai daftar menu nasi kotak, atau untuk suami yang bekerja sampai larut? Itung–itung, anggap saja ini untuk menunjukkan bahwa Anda adalah istri yang baik dan perhatian, hehehe.

Untuk isinya, bebas sesuai selera kok. Anda bisa mengisi nasi bakar dengan ikan peda, ikan tenggiri, jamur, udang, sosis, atau bisa juga dengan daging ayam. Untuk Anda yang tidak suka daging–dagingan? Tenang, Anda bisa juga mengisinya dengan sayuran.

Tidak perlu beli, cukup membuat nasi bakar sendiri supaya hidangan untuk keluarga terasa lebih istimewa. Bagaimana kalau Anda membuat nasi bakar dengan isi suwiran ayam dan jamur? Mau resep rahasianya? Ini dia.

Bahan–bahan yang harus disiapkan :
Nasi secukupnya (tergantung berapa porsi Anda ingin membuat nasi bakar)
Jamur tiram (boleh pakai jamur lain)
Ayam goreng suwir
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 biji cabai merah untuk pewarna supaya tampilan nasi bakar lebih menarik
Cabai rawit sesuai selera (tergantung Anda ingin pedas atau sedang)
2 buah tomat
1 ikat daun kemangi yang masih segar
1 sendok makan gula
½ sendok teh garam

Langkah–langkah memulai membuat nasi bakar isi suwiran ayam dan jamur :
Potong bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit, lalu tumis dalam wajan penggorengan yang telah berisi minyak goreng panas sampai keluar aroma harum, tambahkan jamur tiram, gula, dan garam serta lada.

Untuk membuat sambal, haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula, dan garam, lalu tumis sebentar.

Tatalah nasi di atas daun pisang, isi dengan segala olahan tadi, lalu tutup. Jangan lupa, sematkan lidi yang terbuat dari tulang daun kelapa sebagai pengaman di pinggir–pinggirnya.

Panggang nasi bakar di atas loyang, tunggu sampai daun sedikit gosong dan mengeluarkan aroma khas. Lalu, setelahnya angkat.

Nah, begitulah cara membuat nasi bakar isi suwiran ayam dan jamur yang super enak. Berani mencoba? Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga di sini

https://review.bukalapak.com/food/nasi-bakar-teri-gurih-and-sedap-ini-siap-dilahap-dalam-1-jam-11019

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *