Hal-Hal yang Menghambat Pertumbuhan Janin Ini Wajib Ibu Waspadai

Perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan tentunya merupakan hal yang paling diutamakan dalam masa kehamilan. Dalam hal ini, yang paling diutamakan adalah pola makan seperti asupan nutrisi yang cukup, serta pola keseharian seperti istirahat yang cukup. Yaps, dua hal ini sangat disarankan oleh berbagai dokter kandungan agar janin yang dilahirkan nantinya bisa selamat dan sehat.

Namun meski demikian, hal itu saja tak cukup. Mungkin Anda berpikir, bahwa apa yang Anda jalankan dan apa yang diasup telah baik, namun ternyata keguguran serta resiko kehamilan lainnya tetap terjadi. Dan hal tersebut tanpa disadari terkadang malah berasal dari kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan, seperti bermain gadget dimana efek radiasi HP bisa berpengaruh terhadap kesehatan janin.

Tentunya Anda tak ingin mengalami hal tersebut bukan? Dengan demikian, perhatikan hal-hal berikut ini, yang menjadi penghambat perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan:

  1. Latihan Fisik Berbahaya

Yaps, memang ibu hamil dianjurkan untuk melakukan latihan fisik, guna menguatkan kehamilan, menjaga kebugaran ibu hamil, serta melancarkan proses persalinan. Namun itu tentunya bukan latihan fisik yang berat atau berbahaya, misalnya aerobik dan zumba yang terlalu energik, sehingga bagi Anda yang ingin mengikuti olahraga, sebaiknya ikuti instruktur, atau lebih kompleks lagi mengikuti olahraga khusus ibu hamil.

  1. Obat-obatan Herbal

Meski merupakan obat-obatan jenis herbal, bukan hal yang tak mungkin jika dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Karena memang ada beberapa jenis obat-obatan herbal dengan memiliki kandungan tertentu, yang tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dengan demikian, bila Anda ingin mengonsumsi obat-obatan, meski obat herbal sekalipun cobalah minta saran kepada dokter.

  1. Bersentuhan dengan Bahan Kimia

Apakah bahan kimia hanya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan janin dalam kandungan jika dikonsumsi saja? Nyatanya tidak. Yaps, hampir berbagai aktivitas sehari-sehari pasti menggunakan peralatan dengan bahan kimia, misalnya pengecatan rambut, perawatan wajah, perawatan kulit atau lainnya.

Nah, mungkin dari beberapa aktivitas tersebut dianggap sebagai hal yang biasa, namun studi membuktikan aktivitas tersebut ternyata berkemungkinan besar mampu mengganggu kehamilan. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan produk kecantikan atau kesehatan sekalipun, tetap harus atas saran dokter.

  1. Rokok dan Alkohol

Sudah tertera dengan jelas dalam bungkus rokok, bahwa merokok dapat gangguan kehamilan pada janin. Hal ini memang benar adanya, dimana zat kimia seperti nikotin dalam rokok, mampu mencegah pertumbuhan janin dalam kandungan, yang akibatnya adalah keguguran bahkan kematian janin dalam kandungan.

Tak hanya rokok, alkohol pun tentunya akan mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan. Tentunya ini tak perlu dijelaskan lagi, karena bagi untuk orang tidak hamil saja alkohol akan mengganggu kesehatan, apalagi pada ibu hamil?

  1. Radiasi HP Mengganggu Tumbuh Kembang Janin?

Seperti yang telah diketahui, bahwa janin dalam kandungan tentu kondisinya masih sangat lemah serta rentan terhadap gangguan. Nah, perlu diketahui pula, bahwa ponsel akan menghasilkan sinar radiasi, dimana sinar tersebut akan mempengaruhi perkembangan otak janin, karena masih dalam kondisi yang sangat sensitif.

Dalam hal ini, tentunya tak hanya akan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan saja, namun nantinya juga akan mempengaruhi bila bayi telah lahir, seperti mengalami penurunan kualitas otak dan penurunan memori. (Baca Selengkapnya Disini)

Ibu hamil tentunya tak ingin mengalami hambatan terhadap pertumbuhan janin dalam kandungan bukan? So mulai sekarang aturlah asupan nutrisi, jaga pola kesehatan, serta hindari hal-hal yang berbahaya bagi kehamilan meski sepele.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *