Harus Coba, Ini 3 Olahan Ayam untuk Anak yang Siap Tingkatkan Nafsu Makannya

Nafsu makan anak sering kali naik-turun sesuai dengan mood mereka. Tentu, nafsu makan yang demikian tak akan baik bagi kesehatannya. Oleh karena itu, demi buah hati, sering kali orang tua harus rela membuatkan berbagai olahan yang mampu menarik perhatian. Bakso ayam mungkin menjadi salah satu makanan favorit para anak. Sayangnya, jika sudah berkali-kali disajikan, anak-anak yang cepat bosan bisa jadi sudah tak terpengaruh lagi.

Baca juga: Cara Membuat Bakso Ayam Berikut Ini Dijamin Antirepot dan Rasanya Pasti Enak (https://review.bukalapak.com/food/cara-membuat-bakso-ayam-berikut-ini-dijamin-antirepot-dan-rasanya-pasti-enak-14388)

Nah, daripada bingung setiap kali akan membuat kreasi olahan ayam untuk anak, yuk coba simak 3 resep olahan ayam berikut ini. Semoga bisa membantu, ya.

1. Ayam Kecap Suwir
Bahan-Bahan. Untuk membuatnya, siapkan ½ kg ayam, 3 biji tulang atau kerangka ayam bekas fillet, 10 siung bawang putih dan 10 buah bawang merah, 2 ruas kunyit dan jahe, 3 buah kemiri, ½ sdt ketumbar bubuk dan lada bubuk, 2 buah cabai yang telah dibuang bijinya, ½ botol kecil kecap, daun salam, sereh, dan daun jeruk secukupnya, serta gula dan garam secukupnya.

Cara Membuat. Cuci bersih ayam dan tulang ayam, kemudian rebus pada air mendidih hingga empuk. Blender bumbu yang telah disiapkan. Setelah ayam rebusan dingin, suwir-suwir ayam dan potong-potong tulang ayam. Selanjutnya, tumis bumbu, masukkan daun salam, sereh, dan dau jeruk ke dalamnya. Masukkan ayam, kemudian tambahkan air. Setelah air mendidih, masukkan kecap dan tunggulah sampai kuah menyusut. Kemudian, tambahkan gula dan garam. Selesai! Ayam suwir siap disajikan. 

2. Ayam Kecap Ibun
Bahan-Bahan. Siapkan ½ kg ayam, 3 siung bawang putih, 4 buah bawang merah diiris tipis, 1 sdm garam, 10 butir merica, jahe dan kunyit secukupnya, 1 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 batang serai digeprek, 2 sdm gula jawa sisir, kecap manis dan minyak goreng secukupnya, dan 500 mL air.

Cara Membuat. Rebus ayam bersama garam, bawang putih geprek, jere geprek, serta daun salam hingga setengah matang. Iris bawang merah, haluskan bawang putih, merica, garam, kunyit, dan jahe. Geprek pula serai, daun jeruk, dan setengah dari irisan bawang merah yang telah disiapkan di atasnya. Selanjutnya, panaskan minyak dan masukkan sisa irisan bawang merah, kemudian tiriskan. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga harum, lalu masukkan gula jawa dan aduk hingga rata.

Tambahkan sedikit air supaya bumbu tidak gosong. Setelah air mendidih, masukkan daging ayam yang telah direbus sebelumnya. Aduk pelan, tambahkan air sampai semua ayam tenggelam dalam air. Masukkan daun salam, kemudian tutup. Setelah air mendidih dan mulai menyusut, tambahkan kecap manis, aduk, tutup lagi. Setelah kuah tinggal sedikit, angkat ayam dan taburi bawang goreng saat dihidangkan.

3. Cheesy Chicken Balls
Bahan-Bahan. Siapkan 300 gram daging ayam cincang, 2 sdm tepung terigu, 30 gram wortel cincang halus, 1 sdm daun bawang cincang halus, 1 butir telur ayam kampung, ½ sdt merica bubuk, ½ sdt garam, 100 gram keju cheddar parut, 200 gram keju mozarella yang dipotong dadu kecil, 100 gram tepung panir, serta mayonnaise sebagai pelengkap.

Cara Membuat. Pertama, aduk daging ayam bersama denan terigu, telur, daun bawang, wortel, merica, keju, dan garam hingga semuanya rata. Jika sudah, bentuk adonan menjadi bola-bola yang kira-kira sebesar bakso. Pipihkan, kemudian isi adonan tadi dengan sepotong keju mozzarella. Bulatkan kembali, lalu gulingkan pada tepung roti. Goreng di dalam minyak panas sampai warnanya menjadi kuning keemasan. Angkat dan sajikan selagi hangat bersama mayonnaise. Hmm, yummy!

Sumber gambar: Rumah Keluarga Indonesia

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *