Inilah 3 Bahan Makanan Bayi 6 Bulan yang Sangat Mudah Didapatkan

Pengalaman memiliki seorang bayi merupakan pengalaman yang sangat seru bagi seorang wanita. Penuh dengan pelajaran baru yang didapatkan dengan suka cita. Setelah melalui fase kehamilan yang luar biasa, ditambah dengan fase menyusui yang tidak kalah serunya, selanjutnya para ibu akan menghadapi fase pemberian makanan pendamping air susu ibu, atau biasa disingkat menjadi MPASI. Untuk bayi berusia 6 bulan pemberian MPASI pertama dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pemberian MPASI dengan tekstur yang cukup cair.

Tidak perlu khawatir merasa repot, karena pada dasarnya memberikan MPASI untuk anak sangat sederhana. Bahannya sederhana, begitu pula dengan cara pengolahannya. Bahkan dengan semakin sederhana cara pengolahannya, maka semakin baik untuk mempertahankan kandungan gizi yang terdapat di dalam bahan makanan.

Berikut adalah 3 bahan sederhana yang dapat diolah menjadi beberapa resep MPASI ;

 

Labu Pumpkin

( Foto : Khasiat Sehat )

 

Labu pumpkin lokal sangat mudah didapatkan baik di supermarket maupun di pasar tradisional. Harganya juga relatif murah, yaitu Rp5.000,- sampai Rp10.000,- tentunya tergantung pada beratnya. Di dalam labu pumpkin terdapat beberapa manfaat di antaranya kandungan kalium dan magnesium yang sangat baik untuk kekebalan tubuh, kekuatan dan kekebalan tulang. Ditambah dengan kandungan protein, vitamin B kompleks, antioksidan, kalsium, besi dan fosfor.

Mengolah labu pumpkin untuk menjadi makanan bayi 6 bulan dapat dilakukan dengan cara ; mengukus 1 potongan kecil labu dengan kisaran ukuran kurang lebih 5 x 5 cm, sampai benar-benar lunak. Setelah lunak saring menggunakan saringan bubur, lalu campurkan dengan ASI atau susu formula. Aduk rata lalu siap disantap.

 

Alpukat

( Foto : Sehat Center )

 

Siapa yang tidak suka dengan buah alpukat. Buah yang kaya akan vitamin, memiliki rasa yang lezat, dan mudah mengenyangkan perut. Tidak hanya orang-orang dewasa, kebanyakan para bayi yang merupakan pendatang baru di dunia santap menyantap juga sangat menyukai buah yang satu ini. Di dalam alpukat terdapat kandungan zat yang sangat berguna untuk tubuh dan kesehatan yaitu magnesium, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Tidak jauh berbeda dengan labu, cara mengolah alpukat untuk menjadi makanan bayi 6 bulan adalah dengan cara mengukus seperempat bagian alpukat sampai cukup lunak, lalu saring menggunakan saringan bubur, campurkan dengan ASI atau susu formula. Pastikan teksturnya sangat lembut agar bayi dapat dengan mudah mencernanya.

Wortel

Wortel dapat digunakan sebagai sayur untuk MPASI pertama. Di dalam sayuran wortel terdapat zat-zat yang sangat baik yaitu vitamin A, karbohidrat, serat, dan mineral. Karbohidrat dan serat di dalam wortel sangat aman untuk penderita diabetes, karena karbohidrat yang terdapat di dalamnya tidak mudah meningkatkan kadar gula dan serat yang ada juga mampu menurunkan kadar gula karena mampu memperlambat pencernaan gula dan pati.

Sama seperti halnya 2 bahan sebelumnya cara mengolah wortel menjadi MPASI adalah dengan cara mengukusnya sampai melunak, saring menggunakan saringan bubur, lalu campurkan dengan ASI atau susu formula.

Itulah ketiga bahan yang wajib ada di rumah pada saat fase MPASI anak usia 6 bulan, bahkan untuk di bulan-bulan selanjutnya. Cara mengolah MPASI dengan cara mengukus menjadi cara yang saya sarankan, karena dengan cara ini gizi-gizi yang berguna di dalam bahan makanan akan dapat tetap dipertahankan.

Jangan lupa untuk terus meningkatkan tekstur MPASI secara bertahap, agar pada usia 1 tahun bayi Anda akan siap mengkonsumsi makanan orang dewasa.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *