Inilah Keutamaan Kandungan Kacang Almond yang Menjadi Kesukaan Para Raja Mesir

Inilah Keutamaan Kandungan Kacang Almond yang Menjadi Kesukaan Para Raja Mesir


( Foto : Live Science )

Kacang almond merupakan kacang yang memiliki harga relatif lebih mahal dibandingkan jenis kacang pada umumnya. Rasanya yang lezat ditambah dengan bentuknya yang cantik sering kali dijadikan pelengkap kudapan. Namun tidak hanya sekedar menjadi pemanis atau penambah sensasi rasa saja melainkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga tidak sembarangan. Bahkan dikarenakan sangat digemari, saat ini kacang almond tersedia dalam berbagai bentuk, baik berbentuk kacang almond asli yang telah terpanggang dan siap santap, berupa susu bubuk ,maupun berupa susu almond cair.

Kacang almond merupakan kacang yang telah ada sejak dahulu. Tidak jelas kapan tepatnya kacang super ini ditemukan, namun sejarah mengatakan bahwa kacang almond merupakan kudapan yang dikonsumsi bersama dengan roti oleh para Raja Mesir di zaman Pharao tepatnya tahun 1400 sebelum masehi. Diperkirakan asal muasal kacang ini adalah dari Cina dan Asia Tengah.

Pada tahun 1700 pohon almond diperkenalkan oleh Franciscan Padres dari Spanyol ke California. Dengan cuaca dingin nan sejuk membuat kacang almond sangat cocok berkembang dengan beberapa perkawinan silang sehingga menghasilkan beberapa jenis kacang almond. Sampai pada abad ke 20 secara mantap industri almond berdiri di Central Valley, California. Negara ini merupakan satu-satunya daerah di Amerika Utara yang melakukan penanaman kacang almond untuk kepentingan komersial.

Kacang Almond menjadi simbol kebaikan di beberapa negara. Di Romawi terdapat budaya menyirami pengantin baru dengan kacang almond untung melambangkan pesona kesuburan. Sedangkan di Amerika, kacang ini menjadi bingkisan untuk para undangan yang hadir di sebuah pernikahan. Bingkisan berisi almond ini melambangkan kebahagiaan, cinta, kesehatan, dan rejeki.

( Foto : Syrinxza )

Semua orang sepertinya sangat senang dengan kacang almond. Bagaimana tidak manfaat yang terkandung di dalamnya memang sangat banyak. Kandungan kacang almond yang bermanfaat untuk tubuh manusia antara lain ;

  1. Merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, Vitamin D, dan Vitamin E. Vitamin A sangat baik untung kesehatan mata. Vitamin D mampu membantu kalsium menguatkan dan menyehatkan tulang. Vitamin E selain mampu menyehatkan dan mempercantik kulit vitamin, vitamin ini juga bermanfaat dalam pencegahan kognitif di dalam otak sehingga mampu meningkatkan kinerja otak    .
  2. Dengan kandungan lemak tak jenuh yang jauh lebih tinggi daripada lemak jenuh, membuat kacang almond mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Sebuah penelitian menunjukan bahwa individu yang mengkonsumsi kacang almond memiliki risiko kanker payudara lebih rendah sebanyak 2 sampai 3 kali.
  4. Walaupun kacang almond memiliki kandungan gula di dalamnya, namun kacang ini mampu mengontrol kadar gula di dalam tubuh manusia. Hal itu dikarenakan kandungan serat dan mineral yang dimilikinya mampu membuat tubuh menyerap glukosa secara cepat.
  5. Kemampuan kacang almond dalam menyehatkan jantung disebabkan oleh kandungan magnesium yang terkandung di dalam kacang almond bermanfaat dalam melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Ditambah dengan peranan magnesium yang bias mengontrol pergerakan oksigen Bersama nutrisi jantung dan ke seluruh tubuh.
  6. Bagi para ibu hamil manfaat susu almond sangat penting untuk perkembangan janin dan pencegahan cacat lahir pada bayi.

Itulah sebagian dari puluhan manfaat kandungan kacang almond untuk manusia. Para penggiat eating clean meyakini bahwa mengkonsumsi susu almond jauh lebih baik daripada mengkonsumsi susu sapi. Namun teori ini masih banyak mendapatkan sanggahan dari masyarakat lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *