Inpirasi Mainan Anak dari Barang Bekas yang Bisa Digunakan untuk Mengisi Liburan

Seringkali barang bekas dianggap remeh dan langsung begitu saja dibuang. Padahal jika Anda kreatif, Anda dapat mengolahnya menjadi barang yang memiliki nilai jual atau paling tidak bisa digunakan sendiri. Sebagai contoh, Anda dapat membuatnya menjadi mainan anak. Membuat mainan anak dari barang bekas tidak hanya mengurangi limbah sampah, namun juga bisa menjadi kegiatan pengisi liburan bagi buah hati Anda. Salah satu varian mainan yang saat ini digemari adalah squishy. Cara membuat squishy slow pun sebenarnya juga bisa dibuat dari bahan yang ada di rumah. Cara membuat squishy ini juga akan dijelaskan berikut ini.

Kapal dari kotak susu

Susu tentu menjadi minuman favorit bagi anak – anak. Pasti tidak sedikit jumlah susu yang dikonsumsi setiap minggunya. Nah, agar kotak susu kemasan tidak dibuang begitu saja, Anda bisa memanfaatkan untuk dijadikan mainan anak dari barang bekas. Jangan ragu untuk mengajak anak – anak Anda turut serta.

Caranya adalah dengan memotong bagian pinggir dari kotak susu berbentuk persegi panjang. Kemudian membuat bulatan pada sisi sebelahnya seolah menjadi kaca dari kapalnya. Untuk pemanis, Anda bisa menyematkan bendera yang direkatkan pada sedotan atau tusuk sate yang kemudian ditempel tegak lurus di bagian yang telah dilubangi bentuk persegi tadi. Terakhir, hiaslah sesuka hati. Taraa, kapal mura meriah pun siap dimainkan!

Kura – Kura dari botol

Siapa yang tidak suka kura – kura? Binatang laut lucu ini tentu menjadi favorit bagi anak kecil. Selain bentuknya yang lucu, kura – kura juga sering dijadikan peliharaan di rumah. Nah, bagi Anda yang belum mengizinkan si kecil memelihara kura – kura, untuk menepis sedihnya, Anda bisa membuatkan mainan berbentuk kura – kura yang berasal dari botol bekas.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda cukup memerlukan kertas karton, spidol, botol dan lem. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memotong bagian bawah botol hingga menjadi 1/5 saja dari tinggi botol aslinya. Bawah botol ini nantinya akan menjadi cangkang si kura – kura. Kemudian guntinglah kertas karton dengan pola bentuk kura – kura. Setelahnya, tempelkan bagian bawah botol ke kertas karton tadi. Terakhir, hias dengan spidol agar semakin mirip dengan kura – kura. Sebagai tips, carilah botol yang memiliki bentuk dasar botol bergelombang seperti halnya botol minuman bersoda.

Robot dari botol atau gelas plastik

Inspirasi kali ini lagi lagi berasal dari limbah plastik. Dengan tingkat kreativitas yang tinggi dan ketekunan, sampah botol maupun gelas plastik bisa berubah menjadi mainan anak yang sangat menarik dan layak jual. Sebagai contohnya adalah gambar di bawah. Dengan penataan yang tepat dan presisi, botol dan gelas plastik bertransformasi menjadi bentuk robot robot yang unik. Sebagai pemanis, hasil karya tersebut dicat atau dipiloks dengan warna silver. Bahan yang digunakan pun hanya gelas dan botol plastik beserta tutupnya, kemudian lem dan piloks.

Squishy dari spons

Squishy memang menjadi mainan idola anak – anak saat ini. Bentuknya yang lucu dan teksturnya yang sangat empuk dan lembut menjadikan squishy banyak diburu. Nah, Anda pun dapat membuat squishy sendiri di rumah dengan bermodalkan spons bekas dan cat akrilik, Anda sudah bisa membuat squishy untuk anak Anda.

Caranya adalah dengan memotong spons dengan pola yang diinginkan. Kemudian tusuk tusuk pakai jarum dan kemudian dimasukkan ke lemari es. Setelahnya, baru di cat menggunakan cat akrilik sesuai dengan bentuk dan pola yang diinginkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *