Jenis-Jenis Umpan Mancing di Laut yang Wajib Diketahui oleh Para Pemula

Kegiatan memancing di laut memang menjadi hobi bagi sebagian orang untuk melepaskan penat. Namun, kegiatan melepas penat ini bisa jadi malah menjadi sumber stres karena tak pernah strike saat memancing. Kalau kamu memang hobi atau baru mau mulai menjalani hobi mancing di laut, kamu wajib tahu apa saja alat tempur untuk membuatmu kegiatan mancingmu membuahkan hasil. Selain joran pancing, kamu juga membutuhkan umpan.

Dengan umpan mancing di laut yang tepat, kamu pun bisa mendapatkan hasil tangkapan  yang maksimal. Jadi, kamu tak hanya mendapatkan lelah dan kepanasan saat memancing di laut. Kalau kamu belum tahu umpan seperti apa yang harus kamu pakai saat memancing, kamu bisa mencari tahu informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Udang

Udang merupakan salah umpan mancing di laut yang terbilang cukup jitu. Sebaiknya gunakan udang yang berukuran besar dan masih hidup untuk menarik perhatian ikan. Salah satu jenis udang yang bisa kamu jadikan sebagai umpan adalah udang galah.

Ikan Artificial

Ikan artificial merupakan umpan buatan yang dibuat mirip dengan ikan asli yang berukuran kecil. Jenis ikan artificial ini juga cukup beragam. Selain ikan, ada pula yang bentuknya mirip dengan udang. Biasanya, umpan ini digunakan untuk memancing ikan pelagis atau demersal di lautan yang luas dan dalam.

Rumput Laut

Umpan lainnya yang mampu menarik perhatian ikan untuk memakannya adalah rumput laut. Dengan umpan ini, kamu akan mendapatkan jenis ikan herbivora, misalnya saja ikan kakatua. Spot ideal untuk memancing dengan umpan ini adalah di daerah terumbu karang yang tak terlalu dalam.

Top Water

Top water sebenarnya mirip dengan umpan ikan artificial. Bentuknya juga sangat mirip dengan ikan asli. Salah satu keunggulan dari umpan ini adalah bisa mengapung dengan baik. Umpan ini biasanya digunakan untuk memancing di permukaan laut saja, bukan di laut yang dalam.

Popper

Popper merupakan salah satu umpan mancing di laut yang terbuat dari bahan kayu atau fiber dengan bentuk yang mirip dengan ikan asli. Di bagian mulutnya dilengkapi dengan chuger, yaitu bagian yang berbentuk seperti mangkuk yang berfungsi untuk menahan air. Sehingga ketika di-retrive, ia akan bersuara dan menyemprotkan air seperti ikan predator yang hendak menyambar mangsa. Umpan jenis ini biasanya digunakan untuk memancing dengan teknik popping atau casting.

Tail Weighted Jig

Umpan yang terbuat dari bahan metal ini merupakan umpan yang biasanya digunakan saat arus deras atau saat memancing di spot yang dalam. Hal ini dikarenakan tipe ini memiliki ekor yang berat di bawah sehingga dengan berat tersebut umpan ini akan lebih cepat tenggelam ke dalam air. Akan lebih efektif lagi jika digunakan untuk drifting atau memancing tanpa berjangkar.

Spoon

Spoon merupakan salah satu umpan yang terbuat dari bahan logam yang juga menjadi bahan utama dalam pembuatan sendok. Maka dari itu, umpan ini diberi nama spoon yang dalam bahasa Indonesia berarti sendok. Warna dari umpan spoon ini biasanya didominasi dengan warna chrome. Namun, ada juga beberapa jenis di antaranya yang memiliki warna cerah.

Vibration

Vibration atau yang dikenal juga dengan istilah swim bait ini merupakan umpan yang terbuat dari bahan logam atau timah. Umpan ini biasanya digunakan untuk menyasar target ikan yang ada di pertengahan air laut. Sesuai dengan namanya, umpan ini memiliki vibration atau getaran yang sangat kuat dan bisa bergerak seperti ikan asli.

 

Sumber gambar: spotmancing.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *