Kenali Lebih Dini Tanda Wanita Hamil 2 Minggu

Setiap wanita pasti mendambakan momongan setelah menjalani pernikahan. Kehadiran buah hati tentunya akan menambah kebahagian sendiri bagi keluarga kecil maupun keluarga besar. Untuk mempersiapkan kandungan sebisa mungkin wanita harus mempersiapkan diri sebelum menikah, mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga olahraga. Ketika wanita sedang hamil dalam masa kandungan beberapa hari sampai 2 minggu, gejala awal kehamilan memang tidak akan terlalu kelihatan.

Namun, tanda wanita hamil 2 minggu juga harus diperhatikan dengan cara menjaga pola makanan, istirahat yang cukup, dan juga aktivitas fisiknya. Hal ini dikarenakan awal kehamilan adalah proses di mana perkembangan otak janin akan dimulai.

Gejala awal kehamilan minggu pertama wajib ketahui oleh pasangan muda, agar nanti mereka bisa segera mempersiapkan yang dibutuhkan oleh sang istri.

Berikut beberapa tanda wanita hamil 2 minggu yang harus kamu perhatikan :

  1. Telat Haid

Bagi wanita, mencatat kapan haid dan selesai haid adalah hal yang penting untuk mengetahui kapan masa subur wanita. Kini sudah banyak kemudahan yang ditemukan wanita dalam mencatat masa subur, mulai dari aplikasi dan mencatatnya menggunakan kalender.

Ketika wanita sudah menikah, maka wanita harus memperhatikan masa suburnya. Jika haidnya telat, maka bisa jadi merupakan tanda awal dari kehamilan sehingga bisa mengeceknya menggunakan alat test kehamilan (test-pack) yang dijual di apotek. Jika hasil positif hamil, akan ada tanda garis merah dua dan satu garis merah jika hasil negatif.

 

  1. Merasa Cepat Lelah

Pada saat sebelum hamil, pasti kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Tapi ketika di awal kehamilan, maka kamu akan merasa kelelahan ketika melakukan beberapa hal yang tidak seberapa dibandingkan ketika masa lajang. Gejala ini bisa dirasakan sampai 3 bulan masa kehamilan. Kondisi cepat lelah diakibatkan karena kadar progesteron dan perubahan produksi darah, metabolisme tubuh, dan detak jantung. Jika kamu merasa Lelah, jangan coba-coba untuk mengonsumsi kafein yang berlebihan karena bisa membahayakan janin yang dikandung. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

 

  1. Mual dan Muntah

Tanda kehamilan yang paling dirasakan oleh wanita hamil adalah morning sickness di mana biasanya wanita akan mudah mual muntah. Hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal, bisa dikarenakan karena bau badan pasangan, makanan dan minuman, atau aroma di lingkungan. Mual dan muntah bisa terjadi karena menumpukkan asam lambung selama tidur.

Untuk mengatasinya beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah menghindari aroma yang mengakibatkan mual dan muntah dan juga mengisi perut dengan makan dengan porsi yang kecil dan memperbanyak minum air putih untuk mencegah kekurangan cairan.

 

  1. Kram

Tanda-tanda awal kehamilan yang biasanya terjadi adalah rasa kram yang melebihi saat menstruasi. Jika bagi wanita merasakan kram yang disertai dengan kontraksi yang terjadi setiap 5 sampai 20 menit maka sebaiknya untuk memeriksakannya ke dokter.

 

  1. Hilangnya Nafsu Makan

Kurangnya atau hilangnya nafsu makan terhadap wanita bisa disebabkan karena sensitivitasnya terhadap bau sehingga membuat wanita tidak nafsu makan. Selain itu, kondisi mual muntah juga bisa menjadi pemicu wanita tidak nafsu makan.

  1. Pusing

Pada awal kehamilan, pusing biasa terjadi dikarenakan turunnya tekanan darah yang membuat pembuluh darah menyempit.

So, bagi calon ibu harus memperhatikan tanda-tanda tersebut agar bisa memberikan asupan yang terbaik untuk janinnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *