Keuntungan Konsumsi Daun Katuk untuk Asam Urat dan Penyakit Lainnya

Menjaga kesehatan memang sangatlah penting. Semakin berumur, tubuh semakin menurun tingkat kesehatannya sehingga untuk mencegah kesehatan yang semakin menurun, kamu bisa mengonsumsi makanan yang bergizi. Kementerian kesehatan sudah mencanangkan gizi seimbang, yakni konsumsi beragam makanan dengan jumlah yang telah ditentukan adalah yang direkomendasikan. Gizi seimbang juga mengatur konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral yang tentunya bagus untuk kesehatan. Salah satu sayuran yang mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan adalah sayuran daun katuk. Daun katuk bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti pada ibu menyusui dan penderita asam urat. Daun katuk untuk ASI bekerja untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Hal tersebut bisa sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Selain bermanfaat untuk ibu meyusui, berbagai manfaat berikut ini bisa kamu dapatkan, antara lain

  1. Osteoporosis

Ibu hamil dan menyusui berbagi nutrisi dengan janin atau bayi dan hal tersebut bisa mengakibatkan terkikisnya tulang jika kekurangan asupan kalsium. Untuk mencegah kerusakan tulang, ibu hamil dan menyusui bisa mengonsumsi daun katuk yang mengandung kalsium. Selain ibu hamil dan menyusui, daun katuk juga bisa dikosumsi oleh wanita pada umumnya karena 2,8% kalsium yang terkandung dalam daun katuk mencegah masalah osteoporosis.

  1. Bagus untuk Ibu Hamil

Daun katuk mengandung senyawa phytochemical yang bagus untuk hormon wanita. Senyawa tersebut merangsang pertumbuhan hormon steroid  dan juga eicosanoid.

  1. Mencegah Anemia

Daun katuk mengandung zat besi yang bagus orang yang mempunyai penyakit anemia. Untuk meningkatkan kadar HB dalam darah, kamu bisa meminum air seduhan daun katuk sehari sekali. Selain itu, daun katuk juga berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi efek kelelahan.

  1. Sebagai Obat Flu

Flu memang biasanya terjadi jika cuaca dingin atau dikarenakan karena daya imun yang menurun yang mengakibatkan virus influenza mudah untuk menyerang. Flu akan menganggu hari-harimu, untuk mengurangi efeknya kamu bisa mengonsumsi daun katuk yang mengadung efedrin dengan secara rutin menyeduh air daun katuk.

  1. Mengatasi Sembelit

Daun katuk mengandung serat yang bagus untuk sistem pencernaan. Jika kamu mengalami masalah sembelit, kamu bisa mengonsumsi daun katuk untuk memperlancar pencernaan. Selain daun katuk, kamu juga bisa mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat sehingga tidak ada lagi masalah pencernaan.

  1. Mengobati Bisul

Selain bisa mengobati luka, daun katuk juga dipercaya bisa mengobati masalah bisul. Cara mengobatinya adalah dengan menghaluskan daun katuk dengan menumbuknya. Setelah halus, kamu bisa menempelkannya pada daerah bisul. Pengobatan yang dilakukan secara rutin akan mempercepat pengeringan bisul.

  1. Daun Katuk untuk Asam Urat

Bagaimana rasanya peyakit asam urat? Tentunya hal tersebut sangat menganggu gerak tubuh dikarenakan penumpukan asam urat yang membuat nyeri bagian persedian. Bagian persedian yang nyeri juga bisa mengakibatkan pembekakan, untuk mencegahnya, kamu bisa meminuh air seduhan daun katuk secara rutin. Daun katuk untuk asam urat terbukti bisa menjadi solusi.

  1. Produksi ASI

ASI adalah bahan makanan utama bagi bayi. Tentunya kebutuhan tersebut akan terpenuhi jika produksi ASI ibu lancar. Beberapa kendala memang sering terjadi pada ibu menyusui yang menyebabkan ASI tidak lancar seperti kelelahan ataupun sakit sehingga akan menghambat ASI keluar.

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui adalah untuk memperlancar asi dengan cara mengonsumsinya sebagai sayuran ataupun air seduhannya. Selain itu, jangan lupa untuk istirahat cukup dan konsumsi makan-makanan yang bergizi.

Daun katuk memang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara rutin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *