Lezat dan Mudah Dibuat, Ini Dia Kreasi Resep Tahu Bakso dengan Campuran Ayam

Berbagai jenis jajanan pasar terus berkembang dan bermunculan dari hari ke hari. Mulai dari batagor dan cilor yang merupakan jajanan khas dari daerah Bandung hingga tahu bakso yang pertama kali dipopulerkan di daerah Ungaran, Semarang. (Kamu yang ingin tahu resep batagor bisa mengklik tautan berikut ini: https://review.bukalapak.com/food/luangkan-waktu-1-jam-untuk-bikin-resep-batagor-enak-ini-27628)

Meski dikenal dan pertama kali dipopulerkan di Ungaran, sebenarnya asal tahu bakso belum diketahui secara pasti. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tahu bakso merupakan kreasi masakan dari negeri tirai bambu. Namun, pernyataan tersebut belum terbukti kebenarannya. Well, bagaimanapun sejarahnya, jika bicara soal tahu bakso, rasanya tak lengkap jika tak membicarakan soal kepopulerannya. Saat ini, tahu yang dikombinasikan dengan bakso sebagai isiannya memang sedang populer di pasaran. Hampir semua penjaja jajanan pasar melengkapi koleksi jajanannya dengan makanan khas yang satu ini.

Nah, kamu mungkin juga sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Mencicipi tahu bakso dengan membelinya dari penjual pun mungkin sudah biasa. Kalau begitu, tak ada salahnya kamu coba berkreasi membuat tahu baksomu sendiri. Tahu bakso dengan campuran ayam bisa menjadi salah satunya. Tak perlu takut gagal, selama mau belajar, apa sih yang tidak bisa dilakukan? Sebelum terjun langsung ke dapur, yuk simak dulu resep tahu bakso berikut ini.

Bahan-Bahan
Seperti dilansir dari laman Vemale, untuk membuat tahu bakso ayam, siapkan 5 sendok makan tepung terigu, 10 potong tahu (potong setiap tahu menjadi dua bagian), 250 gram daging dada ayam fillet, 5 sendok makan tepung tapioka, 1 butir telur, 5 siung bawang putih, 5 buah bawang merah, 1 bungkus lada bubuk, ½ sendok teh garam, daun bawang dan selederi secukupnya, serta air secukupnya.

Cara Membuat
Pertama, potong tahu yang telah disiapkan menjadi dua bagian. Kemudian, siapkan penggorengan dengan api kecil, goreng tahu hingga kering. Saat menggoreng, terus bolak-balik tahu supaya tahu tak menjadi kempos.

Kedua, iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis, kemudian goreng dan sisihkan. Cincang ayam, masukkan ke dalam blender. Tambahkan pula bawang merah dan bawang putih serta sedikit air ke dalamnya, kemudian blender hingga halus.

Ketiga, tuangkan ayam yang telah diblender tadi ke dalam wadah yang bersih. Tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, telur, garam, serta irisan daun bawang dan selederi. Aduk hingga rata. Jika adonan terlalu keras, tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata dan adonan punya tekstur yang pas: tidak terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu lunak.

Keempat, belah isi tahu yang sudah digoreng. Masukkan isian ayam (adonan yang telah dibuat pada langkah ketiga). Jika tertarik, kamu pun bisa menambahkan bakso yang dipotong kecil-kecil ke dalamnya. Setelah itu, rebus tahu bersama isiannya di dalam air yang mendidih. Rebus selama kurang lebih 15 menit. Angkat, kemudian tiriskan.

Selesai! Tahu bakso dengan campuran daging ayam siap disajikan. Tahu yang satu ini cocok dinikmati sebagai camilan bersama keluarga di waktu istirahat. Buat kamu yang suka pedas, lengkapi sajian tahu bakso ayam ini dengan cabai hijau yang siap digigit untuk menambah cita rasa. Wah, dijamin nikmat dan makin menggugah selera.

Yup! Itu dia resep kreasi tahu bakso dengan campuran ayam. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Sumber gambar: Kintakun Collection

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *