Lihat, Apa Saja Bahaya HP Bagi Kesehatan?

Bila Anda termasuk pengguna handphone atau sekarang lebih dikenal dengan smartphone, tentunya kita sudah harus mengetahui risiko penggunaannya selain pada manfaat yang didapatkannya. Memang di era globalisasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan teknologi informasi juga sangat beragam. Namun, bila selalu dikaitkan hanya sekedar menjadi  penunjang aktivitas pekerjaan, maka mulai saat ini kita juga harus memikirkan adanya bahaya hp bagi kesehatan. Termasuk di antaranya adalah efek radiasi hp yang sering dibicarakan.

Definisi dari radiasi handphone sendiri adalah energi yang berpindah melalui ruang dalam bentuk gelombang atau adanya partikel. Hal ini memang secara alami dapat saja terjadi di sekitar kita. Radiasi sendiri dalam skalanya yang kecil merupakan hal yang baik dalam ilmu kedokteran, yang biasanya dapat digunakan untuk mendiagnosis beberapa penyakit.

Sedangkan jenis radiasi dari handphone yang otomatis terpancarkan dari radiasi gelombang elektromagnetik. Misalnya saat kita berbicara melalui telepon seluler, ada pemancar yang kemudian menerima bunyi dari suara dan mengkodekannya ke dalam gelombang sinus tanpa henti. Sehingga gelombang sinus yang merupakan salah satu dari jenis gelombang mengalami perubahan sinus yang tak berhenti memancar keluar dari antena dan berfluktuasi dengan gelombang datar melalui angkasa.

Hingga saat ini, masih belum ditemukan penemuan bukti yang akurat akibat adanya radiasi pada handphone yang menjadi penyebab atau berefek merugikan jangka panjang bagi manusia. Namun, ada penelitian yang juga menyebutkan, bahwa paparan gelombang RF yang dipancarkan dari handphone dapat menyebabkan beberapa akibat, seperti:

  1. Adanya penurunan memori.
  2. Adanya kerusakan pada otak.
  3. Adanya gangguan pada janin, Anda bisa baca selengkapnya di sini.
  4. Tumor/kanker.

 

Handphone atau ponsel pintar kita memang memiliki pancaran gelombang elektromagnetik, juga sejenis radiasi non-ionisasi, namun memiliki level yang rendah. Bahkan tingkat kerendahannya masih diambang batas aman, yaitu di bawah 1,6 watt/kg. Walaupun dikatakan aman, bila saja kita terus menerus untuk menggunakannya tanpa adanya batasan waktu, radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan pula masalah bagi kesehatan. I

nilah beberapa bahaya hp bagi kesehatan, apakah Anda saat ini sedang mengalaminya?

  • Katarak

Bisa saja, jika pengguna terlalu sering untuk menggunakan telepon genggam mereka untuk menelpon berjam-jam, radiasi yang akan dipaparkan oleh hanphone akan masuk ke dalam rongga telinga sehingga dapat menghabat sirkulasi darah. Jadi, tanpa disadari pula, bahwa kornea mata akan sedikit demi sedikit mengalami penurunan akan kinerjanya. Seperti pada kemampuan untuk mengatur suhu dan air sehingga hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit katarak karena radiasi hp yang memicu adanya pemadatan kabut yang akan menghalangi kornea.

  • Kerusakan Otak

Gelombang radiasi yang juga dipancarkan oleh handphone pada umumnya mampu untuk menembus ruang hampa udara, nah apalagi juga dapat menembus jaringan otak. Dan jika terus menerus mengalaminya, gelombang radiasi ini akan menyebabkan glikoma yang akan berakhir pula dengan adanya kerusakan pada otak.

  • Penyakit Alzheimer

Alzheimer memang lebih dikenal dengan kondisi di mana seseorang sudah kehilangan memori ingatannya. Biasanya memang dialami oleh orang yang berusia lanjut. Namun, ternyata yang terserang penyakit alzheimer ini tidak hanya yang memiliki usia lanjut saja, bahkan yang masih usia muda pun jugadapat terserang penyakit ini.

Alzheimer sendiri bisa terjadi karena paparan radiasi, dengan adanya paparan radiasi handphone yang datang melewati rongga telinga, lalu akan menyebar ke jaringan otak lebih dalam sehingga terkadang orang akan menjadi linglung, sering mengalami kelupaan, atau daya ingatnya yang menurun.

 

Itulah beberapa akibat atau bahaya radiasi hp bagi kesehatan. Ada baiknya jika sedari dini Anda juga memberikan batas waktu untuk penggunaan ponsel, komputer, laptop, maupun tablet. Jangan lupa untuk sayangi diri Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *