Macam – Macam Soto Babat Masakan Jawa

Sapi memang merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak sekali fungsinya. Hampir semua bagian dari tubuh hewan yang satau ini dapat kita manfaatkan sebagai apa saja, termasuk soto babat. kita sebut saja, bahwa kulitnya apalagi kakinya dapat kita gunakan sebagai makanan enak. Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah babat sapi. Bagian dari tubuh ini mungkin jarang sekali yang menggunakannya untuk membuat resep masakan, tapi kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan bumbu soto menjadi soto babat sapi spesial. Dengan menggunakan bumbu soto babat spesial yang terdiri dari rempah rempah alami, resep soto babat atau beef tripe soup ini tidak kalah enak dan lezatnya. Dalam artikel ini kami akan ulas tentang macam – macam soto babat masakan Jawa:

 

1. Soto Tauco khas Tegal

 

Sebenarnya, soto tauco penyajiannya sama seperti halnya soto-soto yang ada di Indonesia. Namun yang membedakannya terletak dari bahan utamanya. Jika Soto Kudus lebih dominan dengan rasa bawang putihnya, kalau soto tauco lebih terasa tauconya. Hal inilah yang membuat tauco menjadi ciri khas utamanya.

 

2. Soto Tauco Pekalongan

 

Untuk menikmati soto ini, Anda tidak harus pergi ke kota pekalongan. Kini Anda sudah dapat membuatnya sendiri dirumah. Silahkan mengikuti bahan-bahan dan cara pembuatan soto tauto atau soto pekalongan ini. Pembuatan soto tauto atau soto pekalongan asli tentunya sangat mudah dan tidak sulit.

 

3. Soto Babat Kuah Santan

 

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi soto babat kuah santan ini, tenang saja Anda tidak perlu membelinya di rumah makan ataupun restoran, Anda bisa buat sendiri di rumah asalkan tahu resep-resepnya.

Cara Membuat Soto Babat

Mari kita simak ulasan di bawah ini langkah-langkah memasak soto babat yang merupakan salah satu masakan Jawa ini yang bisa Anda terapkan. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat soto diatas. Memang untuk memasak resep masakan ini sedikit lebih lama daripada yang lain.

Bahan-Bahan

  1. Bahan-bahan
  2. 1/2 kg babat
  3. 2 buah kentang ukuran besar
  4. 2 buah tomat ukuran sedang
  5. Bumbu halus
  6. 8 siung bawang merah
  7. 4 siung bawang putih
  8. 1 ruas lengkuas
  9. 2 cm kunyit
  10. 2 cm jahe
  11. 1 sdt ketumbar sangrai
  12. 4 butir kemiri sangrai
  13. Bumbu lainnya
  14. 2 scht santan kara
  15. 1 batang sereh
  16. 2 lembar daun salam
  17. 3 lembar daun jeruk
  18. Secukupnya gula dan garam
  19. Secukupnya emping
  20. Secukupnya sambel cabe rawit direbus
  21. 1 batang daun bawang iris
  22. Secukupnya jeruk limau

Langkah-Langkah

  1. Cuci bersih babat dan rebus dengan garam hingga benar benar empuk, kalau mau ada rasa tambahkan ulegan bawang putih dan ketumbah, rebus bersamaan.
  2. Jika babat sudah empuk, goreng babat setengah matang (optional mau di goreng atau tidak).
  3. Haluskan semua bumbu halus kemudian tumis hingga matang, rebus bumbu dengan secukupnya air untuk kuah, tambahkan bumbu lainnya.
  4. Rebus kentang bagi menjadi 4 kemudian goreng kentang. Jika semua sudah selesai, racik soto tambahkan bahan pelengkap.
  5. Sajikan

Selesai sudah resep soto babat diatas. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat soto babat. Memang untuk memasak resep masakan ini sedikit lebih lama daripada yang lain.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *