Moms, Coba 5 Hal Ini sebagai Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi!

Akhir akhir ini bayi lebih sering rewel dan menangis tanpa alasan? Jangan keburu panik dulu ya moms. Yuk coba cek, bisa jadi si bayi lagi mengalami masuk angin. Masuk angin atau perut kembung, kerap membuat bayi merasa tidak nyaman hingga semakin sering rewel dan menangis tanpa alasan. Sebenarnya, perut kembung pada bayi termasuk yang wajar terjadi karena memang saluran pencernaannya yang masih belum berfungsi secara sempurna. Seiring bertambahnya usia pada bayi, nanti juga akan perlahan menghilang rasa kembungnya.

Pada saluran pencernaan manusia, memanglah terdapat gas ataupun udara di sekelilingnya. Yang menjadi masalah adalah adanya gas di dalamnya yang berlebihan dan tak mampu secara tuntas untuk dikeluarkan. Mungkin saja pada anak yang lebih besar atau bahkan orang dewasa, gas tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan. Namun pada bayi, terkadang akan membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya. Tak perlu panik, namun bukan berarti dibiarkan begitu saja tanpa penanganan.  Jika perut kembung bayi tidak segera diatasi tentunya juga dapat berakibat fatal.

Ada beberapa tanda pada bayi yang mengalami perut kembung.

  • Bayi mulai menangis tanpa sebab.
  • Lebih rewel dari biasanya.
  • Bagian perut bayi akan terasa lebih keras.
  • Bayi mengalami buang angin yang lebih banyak dibandingkan biasanya.
  • Bayi menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang.
  • Dan juga bayi turut serta mengangkat kedua kakinya.

Selain tanda tanda kecil di atas, ada beberapa penyebab bayi mengalami masalah perut kembung atau masuk angin.

Sebaiknya cek dahulu ya moms apa saja yang menyebabkan bayi Anda masuk angin agar lebih bisa dihindari lagi.

 

  • Makanan yang dikonsumsi oleh ibu

Bayi di bawah usia 6 bulan yang masih meminum ASI, dapat juga masuk angin karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Saat ibu mengonsumsi makanan yang akan membentuk gas setelah dicerna seperti kembang kol, bawang, bahkan kubis.

  • Makanan yang dikonsumsi oleh bayi

Jika sudah memasuki fase MPASI, tentunya Anda akan berkeinginan untuk mengenalkan beberapa makanan yang sehat. Namun, tidak semua sayuran atau buah yang sehat dapat dikonsumsi secara berlebihan oleh bayi. Contohnya brokoli yang akan membentuk gas setelah dicerna.

  • Empeng atau dot pada bayi

Bisa saja dengan diberikan dot atau empeng tanpa adanya susu formula, akan menyebabkan bayi mengalami masuk angin. Walau terkadang saat pemberian susu pun ujung dot yang terlalu kecil justru dapat membuat lebih banyak udara masuk ke dalam perut bayi sehingga dapat mengakibatkan gas berkumpul di perut bayi dan bayi mengalami masuk angin.

 

Setelah mengetahui penyebabnya, tentunya kita penasaran bagaimana cara mengatasi masuk angin pada bayi.

 

  1. Memijat bayi

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun, lakukanlah pemijatan pada bagian perut dengan menggunakan minyak telon yang cocok untuk kulit bayi. Caranya dengan meletakkan bayi di kasur dengan posisi terlentang. Angkat kedua kakinya dan perlahan menggerakkan seperti gerakan sepeda. Lalu pijat perlahan searah dengan gerakan jarum jam.

  1. Mengusap punggung bayi

Mengusap usap punggung bayi secara perlahan termasuk salah satu cara mengatasi masuk angin pada bayi. Letakkan bayi di atas kedua paha pada Anda dengan posisi perut yang menghadap ke bawah atau ditelungkupkan.

  1. Susui bayi dengan posisi yang sedikit tegak dan sebelum merasa lapar

Ini bertujuan agar ASI dapat masuk secara perlahan dan lancar ke dalam tubuh bayi. Dan susui ketika ia belum merasa lapar, karena bila bayi sudah merasa kelaparan dia akan cenderung menelan angin lebih banyak bersamaan dengan makanannya.

  1. Buatlah bersendawa

Caranya dengan menggendong bayi posisi tegak menghadap ke belakang, sambil menepuk atau menggosok gosok punggungnya hingga ia bersendawa.

  1. Matikan Kipas Angin atau AC

Bayi juga bisa masuk angin ketika ada udara yang berlebihan di sekitar yang ikut masuk ke dalam mulutnya ketika terbuka. Untuk sementara waktu, matikan dahulu kipas angin atau AC di rumah ya moms!

Bila masuk angin yang ada pada bayi sudah berlangsung selama beberapa hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter ya moms untuk penanganan lebih lanjut. Moms juga bisa lihat referensi lainnya di : https://review.bukalapak.com/mom/dear-ibu-ini-dia-7-cara-mudah-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-29128

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *