Resep Ayam Sederhana Buat Bekal Makan Siang, Coba Yuk

Nurniezza

Ayam merupakan makanan favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apa alasannya? Daging ayam mengandung kalori yang lebih sedikit daripada daging sapi, tidak menyebabkan kolesterol dan juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dengan mudah, seperti bumbu rica-rica ayam misalnya.

Nah, kalau kamu ingin memasak sebuah masakan yang lezat tanpa perlu melewati berbagai langkah-langkah yang rumit, kamu bisa mencoba untuk mengolah daging ayam. Daging ayam jauh lebih mudah diolah daripada daging sapi dan juga lebih cepat matang. Jadi, mau tahu masakan apa saja sih yang bisa kamu buat dari daging ayam? Yuk, kita coba beberapa resep ayam sederhana ini sekarang.

1. Ayam Goreng Tepung

Anak-anak kebanyakan suka dengan ayam goreng khas KFC yang dibalut dengan tepung tebal. Ya, ayam yang satu ini memang gurih sekali. Apalagi tepungnya pun sangat renyah saat dikunyah di mulut.

Nah, kamu bisa kok membuat ayam KFC sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Siapkan daging ayam dengan bagian-bagian sesuai selera. Kemudian, di mangkok lain, siapkan tepung khusus ayam goreng KFC dan juga air serta lada. Buat tepung menjadi bertekstur seperti pasta.

Di piring lain, siapkan tepung ayam KFC tanpa tambahan apa pun. Kemudian, masukkan ayam mentah ke dalam pasta tepung dan gulung ayam di tepung yang kering. Setelah itu, goreng hingga berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan mayones atau dengan saus sambal.

2. Ayam Goreng Mentega

Karena rasanya yang gurih, ayam goreng mentega juga menjadi salah satu santapan primadona di berbagai restoran. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu bisa membuatnya hanya dalam 10 menit saja. Pertama-tama, oleskan sedikit jeruk nipis atau lemon pada ayam mentah supaya tidak terlalu amis. Lalu, goreng ayam sebentar.

Baca: https://review.bukalapak.com/food/resep-ayam-rica-rica-olahan-ayam-pedas-nan-sedap-yang-bisa-dibuat-semua-orang-22984

Kemudian, siapkan 5 sendok kecap manis dan 2 sendok kecap asin serta bawang bombai yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, panaskan 2 sendok makan mentega di atas wajan.

Usai mentega mencair, masukkan kecap manis disusul dengan kecap asin. Aduk sebentar, kemudian masukkan ayam yang sudah diolesi jeruk nipis dan kemudian bawang bombai.

Nah, ayam goreng mentega sudah jadi. Namun, ingat saat menggoreng ayam goreng mentega, jangan sampai kamu menambahkan air karena bumbu kecap bisa gosong. 

3. Sate Ayam

Memangnya susah ya membuat sate ayam? Sebetulnya, ada wajan khusus yang bisa digunakan untuk memanggang berbagai macam daging, termasuk ayam. Jadi, kamu bisa membuat sate ayam di rumah.

Nah, caranya adalah sebagai berikut: potong daging ayam dengan bentuk dadu. Kemudian, tusuk-tusuk pada sate.

Kamu juga bisa menambahkan paprika, wortel atau sayuran lain sebagai pelengkap. Setelah itu, baluri semua potongan tersebut dengan bumbu, kemudian dipanggang di wajan selama beberapa menit. Nah, sate ayam yang lezat ini sudah jadi deh.

4. Ayam Goreng Jeruk

Kamu tahu tidak bahwa buah jeruk tidak hanya lezat saat dijadikan campuran dalam kue atau salad buah saja, tetapi juga dalam masakan ayam goreng. Tidak percaya? Kamu bisa membuat ayam goreng oranye khas Perancis dengan cepat dan juga dengan mudah. Begini cara membuatnya.

Pertama, goreng ayam sebentar, kemudian peras jeruk campur dengan tepung maizena dan juga garam serta gula. Setelah itu, masukkan bumbu jeruk tersebut ke dalam wajan yang sudah diberi mentega.

Kemudian, masukkan ayam goreng yang sudah setengah digoreng tadi. Tumis hingga bumbu-bumbu jeruk meresap sempurna ke dalam ayam. Tambahkan bawang bombai dan kemudian tiriskan. Nah, ayam goreng jeruk ala Perancis sudah jadi dan dapat dinikmati untuk makan siang nanti.

Itulah beberapa resep ayam sederhana yang bisa kamu buat dengan mudah untuk bekal makan siangmu. Tidak perlu menghabiskan waktu lama, makan siang yang sehat sekaligus pun sudah tersaji dengan sempurna.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *