Resep Olahan Ikan Ini Bisa Kamu Ikuti untuk Dapat Hidangan Nikmat di Rumah

 

Buat kamu yang suka masak, mungkin kadang kamu bingung memilih menu apa untuk dimasak hari ini. Bosan dengan ayam dan daging merah, maka kali ini kita akan bahas resep olahan ikan yang dapat kamu sajikan dengan mudah di rumah dan bikin hidangan biasa jadi mewah. Salah satu sajian ikan yang cukup mudah dan nikmat adalah pempek alias empek empek. Cara membuat empek empek memang sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya perlu sediakan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, garam, merica bubuk, dan gula pasir, kemudian aduk rata dengan tepung sagu tani dan telur untuk dibentuk menjadi bulatan pempek. Selanjutnya, hanya perlu merebusnya dalam air mendidih selama 30 menit dan simpan untuk kemudian digoreng. Mudah, kan?

Tapi, bukan hanya itu saja pilihan resep olahan ikan yang mudah dan bisa kamu coba sendiri di rumah untuk bikin menu harian kamu berbeda. Berikut kamu bisa

 

Sate Lilit

Kalau kamu pernah ke Bali, kamu tentu tahu hidangan khas asal Pulau Dewata ini. Yap, sate lilit adalah salah satu makanan khas Bali yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Namanya memang diambil dari bentuk satunya yang bukan ditusuk seperti sate ayam atau daging, melainkan dililit. Nah, rasanya yang khas didapat dari bahan isiannya yang merupakan campuran daging ikan cincang dengan kelapa parut yang diberi bumbu rempah khas Bali. Bahan ini dililitkan di batang serai atau bambu untuk kemudian dibakar hingga matang.

Nah, sebenarnya kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati hidangan khas Bali ini. Kamu bisa membuat resep olahan ikan ini di rumah dengan menyediakan bahan-bahan berikut. Untuk bahan dagingnya, kamu bisa pilih daging ikan kakap atau tuna. Campurannya adalah gula merah, garam, dan kelapa parut. Untuk bumbunya, cukup sediakan bawang putih, bawang merah, 1 ruas jari kencur, kemiri, terasi secukupnya, daun jeruk, 1 ruas jari kunyit, dan 1 sendok the minyak kelapa. Jika ingin yang agak pedas, kamu bisa tambahkan cabai rawit seusia selera.

Semua bahan tersebut hanya perlu kamu ulek dan goreng bumbunya hingga matang. Kemudian, bumbu halus yang sudah matang tadi dicampurkan dengan ikan, lalu tambahkan dengan garam, gula merah, daun jeruk, dan parutan kelapa. Aduk sampai membentuk adonan, lalu bungkus dan kepal di batang lilitan. Selanjutnya, tinggal bakar di atas bara api sampai matang, sate lilit pun siap kamu nikmati.

 

Fish and Chips

Kalau tadi resep olahan ikan khas Bali, kali ini kita pergi ke Inggris untuk resep lainnya. Ada fish and chips yang merupakan makanan khas Inggris yang dibuat dari fillet ikan dori. Pembuatannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan fillet ikan dori sebanyak yang kamu mau, lalu lumuri dengan perasan jeruk lemon dan garam. Selanjutnya, campurkan dengan tepung terigu yang sudah dicampur garam, merica, dan telur. Jika sudah, taburi fillet tadi dengan tepung maizena, kemudian celupkan satu per satu sampai terendam merata ke dalam tepung terigu tadi. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menggoreng fillet sampai berwarna kuning kecokelatan.

Fillet sudah matang, kamu siap menyajikannya di atas piring, lengkap dengan kentang goreng dan saus khas fish and chips. Untuk sausnya, kamu bisa sediakan mayonnaise, saus sambal, serta saus tomat. Jangan lupa kembali lumuri fish and chips kamu dengan perasan jeruk lemon untuk menambah selera.

 

 

Bagaimana, kedua resep di atas cukup mudah diikuti, kan? Kalau masih ingin lihat resep olahan ikan lainnya, kamu bisa lihat resepnya di https://review.bukalapak.com/food/resep-empek-empek-ikan-tenggiri-yang-enak-ternyata-tidak-sesusah-bayangan-kamu-23320.

 

Sumber gambar: Resep Kue Keringku

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *