Sayur Sederhana Sehat untuk Kita Si Pemalas

Kalau menu yang sekarang akan mimin share adalah menu super sehat khas Indonesia. Kalau di luar negeri nih banyak tuh yang suka bikin salad. Biasanya, salad sendiri adalah sayur-sayuran, baik mentah atau sudah direbus. Kemudian, diberi bumbu. Kalau bule-bule sih biasanya pakai mayones atau bisa pakai minyak zaitun. Tapi, kalau salad asli Indonesia banyak jenis bumbunya. Ada yang namanya gado-gado dari Betawi, lotek karedok dari Sunda, dan urap dari Jawa. Jenis-jenis makanan ini benar-benar berasal dari sayur loh. Tidak ada tambahan daging-dagingan jenis mana pun. Jadi, untuk kalian yang sedang mengurangi protein hewani, cocok banget deh makan menu yang satu ini. Cara memasaknya intinya sama sayuran dan bumbu xixixi. Sayuran yang digunakan untuk membuat salad asli Indonesia ini juga cenderung sama loh, mulai dari tauge, kacang panjang, daun singkong, kadang ditambah dengan pepaya muda atau nangka. Urap sayur, lotek karedok, dan gado-gado semuanya layak untuk dicoba. Bahkan, menu-menu autentik ini cukup terkenal loh di beberapa negara. Maklum, banyak bule main ke Bali dan disuguhi dengan menu-menu asli Indonesia. Gimana mereka ga doyan, iya ga?

Untuk resep kali ini, mimin akan dengan senang hati membagi resep urap si sayur sederhana. Resepnya enak dan mudah untuk dibuat. Selain itu, menu ini juga sehat dan mengandung banyak khasiat loh karena dibuat dari sayur-sayuran. Kaya daun singkong. Begini-begini, daun singkong mampu melancarkan pencernaan, membantu metobelisme tubuh, menjadi sumber energi juga sebagai antioksidan. Tidak jauh berbeda khasiatnya dengan daun pepaya. Tapi, ada tambahan nih untuk kalian yang sedang sembelit. Coba deh makan daun pepaya, dijamin akan segera lancar karena memiliki banyak kandungan serat. Kemudian tauge, katanya sih kalau makan tauge akan membuat lebih subur. Tapi, yang pasti, tauge ini baik untuk kesehatan karena akan membantu membuang kotoran dalam tubuh, juga menangkal radikal bebas sehingga dengan mengonsumsi tauge akan terlihat lebih muda. Kalau kacang panjang akan mengurangi terkena risiko asam urat dan menjaga kesehatan jantung juga loh. Selain itu, untuk kalian yang punya masalah gangguan tidur, dengan mengonsumsi kacang panjang akan membantu tidur kita agar lebih berkualitas. Oke, itulah khasiatnya. Sekarang, ayo kita buat menu ini. Cus!

Sayuran untuk urap

  • Daun singkong muda (1 ikat)
  • Daun pepaya muda (1 ikat)
  • Tauge (500gr)
  • Kacang panjang (1 kat)

Bumbu urap

  • Cabe rawit merah/hijau (2 buah)
  • Cabe kriting merah (3)
  • Kelapa parut (1/2 butir)
  • Bawang putih (1 siung)
  • Daun jeruk (2 lembar)
  • Penyedap dan garam
  • Minyak goreng (6 sdm)

Langkah-langkah membuat urap:

  1. Cuci bersi dan potong-potong semua sayuran yang sudah disiapkan.
  2. Rebus sayuran dengan air mendidih di atas 100o. Cirinya, sayuran yang matang akan tampak layu.
  3. Haluskan bumbu urap yang sudah disiapkan.
  4. Tumis bumbu urap sampai tercium aroma wangi.
  5. Masukkan sayuran yang sudah direbus dan oseng-oseng sebentar saja hanya sampai bumbunya tercampur rata.
  6. Urap siap dihidangkan.

Mudah bukan membuat urap-urap ini? Resepnya mudah, modal membuatnya juga murah. Selain itu, bumbu urap tadi bisa juga loh dibuat kering untuk persediaan di dalam kulkas. Tinggal masak bumbu urap tadi tanpa sayur ya. Kemudian, buat sedikit lebih kering dan tunggu hingga dingin, baru masukkan ke dalam kulkas untuk persediaan. Sayurannya juga bisa banget dimodifikasi. Tapi, umumnya, sayuran-sayuran yang mimin pakai yang umum jadi bahan dasar urap. Kalau gitu, selamat mencoba readers. Jangan takut bereksperimen.

Baca juga di siniĀ https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-sehat-tapi-tetap-nikmat-dengan-resep-urap-sayuran-sedap-ini-34855

Gambar oleh Uncornered Market

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *