Sebelum Melakukan Transaksi Jual Beli Mobil Bekas, Siapkan Dulu 5 Dokumen Ini

Kendaraan memang sudah menjadi satu kebutuhan penting bagi masyarakat di zaman modern, dimana segala macam aktivitas memang menuntut manusia untuk bergerak secara lebih cepat, sehingga harus memakai sarana transportasi yang satu ini, hampir setiap kalangan memilikinya, hanya saja dengan jenis yang berbeda-beda. Untuk kalangan menengah ke bawah umumnya mereka menggunakan kendaraan roda dua seperti diantaranya adalah motor. Agak berbeda dengan kalangan menengah atas dimana jenis yang nantinya dipakai adalah kendaraan roda empat yaitu mobil. Kini ada beragam jenis cara jual beli mobil yang bisa digunakan untuk menawarkan atau bahkan mendapatkan barang tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa faktanya ada banyak sekali diantara situs-situs online yang menawarkan berbagai pilihan produk mereka untuk dijual, jenisnya sendiri juga sangatlah bervariatif, mulai diantaranya adalah item-item fashion, gadget sampai sekarang ini yang juga banyak ditawarkan online adalah mobil. Tentunya tidak begitu asing lagi bagi Anda, meskipun nilainya tinggi, kenyataannya transaksi bisa dilakukan secara lebih mudah memanfaatkan fasilitas online ini.

Jual beli mobil secara online ini tak hanya berlaku pada kendaraan baru saja, melainkan juga ditujukan untuk jenis kendaraan bekas, memang tidak bisa dipungkiri jika yang paling sering dijual secara online adalah mobil bekas, dibandingkan dengan pasang iklan di berbagai media, cara penjualan online lebih mudah dan mempercepat temukan konsumennya. Ada beberapa hal yang patut dipersiapkan sebelum menjualnya, selain gambar barang, deskripsi produk dan pasaran harga, maka pastikan juga setiap dokumen pendukungnya lengkap.

Patut untuk diketahui bahwa sebenarnya dokumen pendukung ini menjadi bagian yang sangat penting dan mempengaruhi naik turunnya harga kendaraan, jika semuanya lengkap maka kian mudah menjualnya karena bisa dikatakan barang tersebut legal. Namun jika ada salah satu yang kurang, selain mempengaruhi tawaran harga jualnya ke pasaran, agaknya juga sangat sulit dalam menemukan pembeli yang mau. Karena mereka takut produk yang dijual adalah barang curian, meskipun harganya murah.

Adapun setidaknya beberapa jenis dokumen yang harus dipersiapkan ketika akan menjual kendaraan tersebut, diantaranya adalah:

Sebelum Melakukan Transaksi Jual Beli Mobil Bekas, Siapkan Dulu 5 Dokumen Ini

1. BPKB, ini adalah bukti surat yang menunjukkan kepemilikan kendaraan tersebut, bahkan dapat dijadikan sebagai jaminan ketika ingin ambil pinjaman nantinya. Ketika surat yang menunjukkan bukti kepemilikannya tidak ada, sudah pastinya konsumen sendiri takut untuk membeli mobil tersebut, karena bisa jadi barangnya adalah curian.
2. STNK, dikenal juga sebagai surat tanda nomor kendaraan yang ditujukan untuk melihat informasi nomor mesin sampai dengan nomor rangka, sedangkan ada juga bagian lembar pajak yang menunjukkan jatuh tempo nantinya Anda harus membayar pajak kendaraan tersebut. Jika belum diperbaharui biasanya konsumen juga pikir-pikir lagi ketika ingin membelinya.
3. Faktur, digunakan untuk menunjukkan pembelian dari kendaraan tersebut langsung dari dealer atau pabrikan sebelumnya, sehingga tidak ada kecurigaan barang tersebut produk ilegal.
4. Form A, yaitu surat keterangan yang berisi pemasukan dari kendaraan tersebut dari negara asli pembuatnya, misalnya adalah Jepang.
5. Kuitansi kosong dan juga fotocopy KTP pemilik, untuk mempermudah ketika balik nama kendaraan tersebut nantinya. Jadi jika ingin surat menyurat kembali, maka tidak perlu lagi untuk menggunakan fotocopy KTP pemilik pertama.

Siapkan setidaknya 5 berkas tersebut ketika Anda ingin jual beli mobil bekas, begitu juga ketika ingin membelinya sehingga tidak ada kemungkinan-kemungkinan lain seperti masalah hukum.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *