Tips Memilih Buku Anak Berkualitas Untuk Buah Hati

Tips memilih buku anak yang berkualitas untuk buah hati. Orang tua memiliki peran yang sangat penting di dalam menunjang kesuksesan anak di masa yang akan datang. Bukan hal yang baru lagi jika kebanyakan anak-anak yang sukses dalam pendidikan bahkan karirnya berasal dari orang tua yang selalu memberikan perhatian, lebih banyak kasih sayang yang diberikan meski bukan dengan materi yang berlebih. Apakah Anda menginginkan anak yang berbakti dan sukses kelak?, sebenarnya ini sangat mudah, kamu bisa memulainya sedari kecil, biasanya mereka senang membaca. Hanya dengan membaca ini memperkaya pengetahuan mereka. Tak bisa dipungkiri pada kenyataannya anak yang berprestasi di sekolah adalah mereka yang gemar membaca. Hanya saja tentu sulit membiasakan hal tersebut pada anak kecil, bisa kamu coba dengan mengerikan buku anak.

Jenis buku penuh gambar dan cerita yang menarik, pada kenyataannya hal sesederhana ini masih jarang dibiaskan oleh para orang tua, khususnya di Indonesia sendiri. Tak jarang ibu yang lebih senang memberikan anak mereka mainan dibandingkan dengan bahan bacaan itulah mengapa minat membaca di Indonesia sangat rendah. Padahal hanya dengan membaca sebenarnya bisa meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, pengetahuan terserap lebih banyak.

Tips memilih buku untuk Anak

Sekali-kali kunjungi book store dan beli beberapa buku anak untuk buah hati Anda pastinya dengan membiasakan mereka dengan buku sedari kecil memasuki usia sekolah bahkan hingga dewasa nantinya mereka akan terbiasa dengan hal tersebut. Hanya saat tentu jangan salah pilih, berikut ini ada beberapa panduan dalam memilihkan buku bagi buah hati Anda, diantaranya adalah:

1.    Ketahui usia mereka, di usia berapa sebenarnya anak bisa diajarkan untuk membaca, kamu bisa membelikan lebih banyak bahan bacaan dibandingkan dengan mainan sebenarnya ketika ia berusia 2 tahun ke atas. Pada saat ini kualitas otak mereka sudah berkembang dengan cukup baik sehingga bisa mencerna adanya gambar dan warna-warna tertentu.

2.    Carilah jenis buku dengan tema atau cerita yang menarik, jangan hanya sekedar memilih gambar, melainkan juga harus ada ceritanya, sekalian menjadi panduan bagi Anda dalam memberikan dongeng sebelum tidur bagi buah hati Anda.

3.    Porsi gambar tentu harus lebih banyak dibandingkan dengan tulisan, kamu juga harus memilih jenis tulisan yang singkat-singkat saja namun mudah untuk dicerna, khususnya bagi anak-anak yang memang sudah mulai belajar membaca.

4.    Perhatikan juga selera mereka, anak laki-laki cenderung keras dengan imajinasi mengenai petualangan, tentunya kurang cocok sangat kamu memberikan buku mengenai dongeng putri dan pangeran. Mereka akan lebih senang dengan bahan bacaan tentang petualangan, imajinasi khas anak laki-laki. Namun sebaliknya anak perempuan cenderung feminin kamu bisa memberikan cerita yang lebih slow, namun tetap menyentuh imajinasi mereka seperti dongeng pangeran dan putri atau cerita 1001 malam.

5.    Buku dongeng haruslah mengandung ilustrasi atau gambar yang jelas, ini semakin mempermudah mereka dalam membangun daya imajinasi tanpa kamu harus bercerita panjang lebar.

6.    Sebaiknya untuk mengetahui selera kamu langsung membawa mereka ke book store terdekat, dengan berjajaran buku-buku nan cantik beragam cerita mereka akan memilih mana yang disukai.

7.    Biasanya masalah kualitas kamu bisa memilih jenis buku yang sudah mendapatkan penghargaan atau penulisnya memang terkenal dalam mengarah cerita anak.

Mudah bukan, kamu bisa koleksi buku anak untuk mengingatkan buah hati tentang moment belajarnya sewaktu ia kecil, sehingga jangan buru-buru membuangnya setelah tak digunakan kembali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *