Tips Merawat Tenda Kemping Agar Awet dan Tahan Lama

Berpetualang adalah hal yang sangat menyenangkan. Menelusuri tempat baru, mencari hal yang unik, belajar tentang sesuatu yang belum pernah ditemukan, dan hal lain sebagainya. biasanya berpetualang lebih seru jika dilakukan jauh dari hiruk pikuk kota. Karena hidup kita sudah selalu di kota yang ramai akan kendaraan, padat akan polusi, berisik akan kebisingan, perlu dihindari untuk mencari ketenangan. Jika Anda berpetualang pada suatu tempat yang belum pernah ditempati sebelumnya, dan Anda tak tahu tempat penginapan dimana. Anda bisa membawa tenda kemping untuk berkemah.

Tenda kemping sangatlah membantu dalam hal ini, pasalnya Anda bisa beristirahat untuk meluruskan kaki sejenak dan membuat nyaman punggung sebentar. Bagi Anda yang mungkin jarang dalam melakukan kemping seperti ini. Tetapi sudah memiliki tenda cukup lama. Mungkin tenda sedikit bermasalah dan sedikit macet. Hal ini tentunya wajar karena memang jarangnya pemakaian tenda, membuat pengaruh yang cukup signifikan.

Untuk itu disini ada beberapa cara merawat tenda agar tetap bagus dan tahan lama. Sehingga ketika suatu hari digunakan, pemasangan tenda masih dalam keadaan yang mumpuni. Walaupun memang kualitas tenda itu sendiri sangat mempengaruhi adanya ketahanan tenda. Namun untuk menunjang kualitas juga perlu adanya perawatan yang tepat. Beberapa cara untuk merawat tenda agar lebih lama diantaranya adalah:

  • Bersihkan tenda setelah dipakai

Ketika tenda telah selesai digunakan, usahakan untuk selalu membersihkan tenda dari kotoran-kotoran seperti tanah, rumput, pasir yang menempel pada tenda. Jika terdapat noda, bersihkan dengan spon pada bagian yang bernoda saja. Kemudian keringkan dengan dijemur atau dengan angin dari kipas angin saja. Hal ini berfungsi, agar kotoran dan noda tidak merusak tenda. Karena jamur dan kuman-kuman lainnya, bisa membuat tenda menjadi rusak dan kurang bagus lagi.

  • Simpan dalam keadaan kering

Jika noda-noda sudah dibersihkan, usahakan untuk segera menyimpannya dalam tempat yang tidak panas ataupun tidak dingin. Simpan tenda dalam tempat yang bersuhu normal. Ini berfungsi supaya tenda tetap memiliki kualitas yang bagus. Jika disimpan di tempat yang dingin atau basah, tenda akan menjadi lembab dan bisa jadi berjamur. Jika disimpan di tempat yang panas atau kering, bisa jadi tenda menjadi terbakar atau pudar warnanya.

  • Selalu memeriksa komponen tenda

Sebelum melakukan perjalanan yang membutuhkan tenda untuk bermalam dan beristirahat. Anda harus memeriksa komponen tenda yang ada. Seperti resleting tenda, tiang tenda, tali tenda, dan lain-lain sebagainya. Karena ketika sedang digunakan, dan ada komponen yang rusak. Pasti akan membuat beberapa hal menjadi berantakan. Bisa jadi tenda justru tak bisa digunakan. Untuk itu selalu periksa komponen tenda.

  • Dirikan tenda sesekali waktu

Apabila Anda sudah lama tidak menggunakan tenda untuk berkemping. Usahakan untuk mencoba mendirikan tenda seperti 3 bulan sekali. Ini berfungsi supaya tenda masih dapat digunakan secara maksimal. Untuk itu jangan pernah membiarkan tenda untuk tak digunakan selama 1 tahun tanpa pemakaian.

  • Jangan gunakan tenda untuk hal lainnya

Jika dalam keadaan darurat, jangan gunakan tenda untuk alas tidur atau alas bantal. Karena hal ini bisa membuat tenda menjadi rusak dan bisa jadi menjadi sobek. Agar tenda masih dapat digunakan dengan semestinya. Gunakan sesuai dengan fungsinya. Jika Anda ingin tidur dan beristirahat, gunakan alas lainnya. Atau Anda pasangkan saja tenda kemping ini sehingga Anda bisa beristirahat di dalamnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *